oleh

Warga Desa Ujungbatu Klaim Pemilik Lapangan Conoco

PADANGLAWAS, MitaNews,-

Pihak warga Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padanglawas (Palas) mengklaim sebagai pemilik lahan Lapangan Conoco yang berlokasi persis di depan Kantor Camat Sosa. Penegasan mereka tersebut menurut mereka itu sah secara hukum.

Kepala Desa Ujungbatu, Hamdani Daulay saat berbicara dengan wartawan di Ujungbatu, Selasa (04/09/2018) menegaskan lokasi Lapangan Conoco merupakan tanah ulayat milik mereka melalui pemasangan plank pemberitahuan yang berbunyi “tanah ini milik masyarakat desa Ujungbatu.”

“Pernyataan kami terkait kepemilikan lahan lapangan Conoco sesuai dengan administrasi pemerintahan Desa Ujungbatu bahwa lokasi Lapangan Conoco seluas 170 meter dikali 147 meter atau sekitar 2,419 hektare adalah milik ulayat Desa Ujungbatu. Agar hal ini bisa dimengerti dan dipahami masyarakat di Kecamatan Sosa. Perlunya kami tegaskan bahwa kepemilikan Lapangan Conoco adalah tanah adat milik warga Desa Ujungbatu, karena selama ini kami menilai warga masyarakat di Kecamatan Sosa keliru persepsinya menilai kepemilikan lokasi Lapangan Conoco,” kata Hamdani yang saat itu didampingi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ujungbatu, Udin Saleh Daulay, Hatobangon Darman Hasibuan serta sejumlah perangkat desa lainnya tersebut.

Dikatakan, guna menghindari terjadinya konflik horizontal dengan warga masyarakat desa lainnya, menurut Udin Saleh Daulay, maka pihak Desa Ujungbatu memasang plank tanah seluas 170 meter dikali 147 meter yang dikenal dengan Lapangan Conoco adalah milik warga Desa Ujungbatu.

“Selaku putra Desa Ujungbatu, saya tahu persis bahwa tanah seluas sekitar 2,149 hektar yang kini dikenal sebagai lokasi Lapangan Conoco itu, historis tanahnya adalah tanah adat Desa Ujungbatu sejak jaman dulu. Kami meminta, agar masyarakat di luar Desa Ujungbatu untuk tidak mengaku-ngaku, lokasi Lapangan Conoco adalah miliknya. Karena berdasarkan sejarah tanah adat, lokasi Lapangan Conoco ada di Tanah Ulayat milik Desa Ujungbatu,” ungkap Udin.

Camat Sosa, H. Asnan Lubis didampingi Kepala Seksi Tata Pemerintahan (Kasi Tapem) Kantor Camat, Muliadi Hasibuan mengatakan, pihaknya akan mengundang pihak-pihak yang terkait kepemilikan Lapangan Conoco tersebut, untuk dimusyawarahkan secara kekeluargaan.

“Atas nama masyarakat dan pemerintah, kami dari Pemerintah Kecamatan Sosa berharap, agar Lapangan Conoco ke depan menjadi aset dan milik bersama masyarakat di Kecamatan Sosa dan tidak dikuasai secara pribadi. Dalam waktu dekat akan kita panggil pihak-pihak terkait pengelolaan Lapangan Conoco tersebut,” ujar Asnan berharap. (bkn).

Teks photo:
MitaNews/Balyan Kadir Nst
Kepala Desa Ujungbatu, Hamdani Daulay bersama warga memasang plank lokasi tanah Lapangan Conoco milik warga Ujungbatu.

Komentar

News Feed