oleh

Dua Warga Palas Positif Covid, 1 PDP

MitaNews.Padanglawas,-

Dua warga Padanglawas (Palas) positif COVID-19. satu orang
Di mana kasus COVID-19 Palas 01(61) tahun laki laki sedang dirawat di RS
Adam Malik.

Sementara kasus Covid 19 Palas 02 (44) Pr, saat ini sedang isolasi mandiri.Sedangkan satu Pasien Dalam Perawatan (PDP) dirawat RS Elizabeth, Medan.

Demikian disampaikan Tim Gugus Tugas Kabupaten Palas, Sabtu (13/06/2020), Kadis Kesehatan, Hj Lely Ramayulis, SKM, M.Kes, didampingi Kepala RSUD Sibuhuan, dr. Elni R. Daulay, dr. Himawan, dan dr. Ilham Siregar, pada konferensi pers di Aula Kantor Dinkes Jln.Ki.Hajar Dewantara Sibuhuan.

Kadis Kesehatan, Hj Lely Ramayulis memaparkan bahwa kasus COVID-19 Palas 01, sebelum dirujuk ke RS Awal Bross Pekanbaru terlebih dahulu berobat di RS Permata Madina Sibuhuan pada 3 Juni.

Perjalanan selanjutnya , menurut keterangan dr. Himawan, pasien kasus Palas 0.1 ini mengalami gangguan gagal hati dan infeksi virus hepatitis, sehingga dirujuk ke RS Awal Bros, tetapi tidak ada dokter yang menangani, akhirnya dibawa ke RS Adam Malik Medan pada 5 Juni.

Kemudian pada tanggal 7 dan 8 Juni dilakukan rapid test dan swab test. Pertama hasilnya negatif hasil tes hari kedua meengalami positif COVID-19, sehingga kini mendapat perawatan di RS Adam Malik.

Sedangkan untuk kasus COVID-19 Palas 02, lanjut dr.Himawan pasien adalah seorang pelaku perjalanan, melakukan screening, rapid test untuk perjalanan ke luar daerah Palas, ternyata hasilnya reaktif.

Pada 9 juni, karena reaktif, dilakukan pengambilan swab test, dan satu orang kontak erat juga hasilnya reaktif, sehingga dianjurkan isolasi mandiri.

Begitu juga orang tanpa gejala (OTG) didapat hasil swab tesnya positif, maka dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Ditambahkanya, semua yang kontak langsung dengan kasus COVID-19 Palas 01 dan Palas 02 bisa saja positif, sehingga dilakukan screening, rapid test kepada 26 orang yang sebelumnya ada kontak langsung dengan warga yang positif COVID-19 dan hasilnya non reaktif (negatif).

Namun satu lagi OTG sedang isolasi mandiri dan menunggu hasil swab test, serta dua orang dalam pemantauan (ODP) juga ikut isolasi mandiri di rumah.(mn.03/red).

Komentar

News Feed