oleh

Bupati Tapteng Kuliahkan Abang Kandung Korban Tenggelam Arlinton Telaumbanua

MitaNews.MANDUAMAS,-

Merasa iba atas musibah yang menimpa warganya, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani spontan mengajak Arlinton Telaumbanua (18 thn), seorang remaja yatim asal Desa Saragih Induk Kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah untuk tinggal bersamanya.

Tak hanya mengajak tinggal bersamanya, remaja yatim ini juga akan dikuliahkan oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Niat Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani ini bermula saat mendatangi kediaman Arlinton Telaumbanua, untuk melayat atas meninggalnya adik kandungnya karena tenggelam dibendungan, hari Selasa (23/06/2020) malam.

Usai menghadiri Acara Penyerahan 1.000 Sertifikat Tanah kepada warga Kecamatan Sirandorung, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapatkan khabar duka dan langsung menginstruksikan jajarannya bersama rombongan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah menuju kerumah duka untuk melayat warganya yang tertimpa musibah itu.

Dua warganya meninggal dunia akibat tenggelam di Bendungan Saragih. Mendapatkan khabar duka ini, Bupati Tapanuli Tengah bersama rombongan langsung berangkat ke salah satu rumah korban di Desa Saragih, tepatnya di kediaman Arlinton Telaumbanua.

Diketahui, adik kandung Arlinton Telaumbanua merupakan salah satu korban tenggelam yang ditemukan meninggal dunia.

Dikediaman Arlinton Telaumbanua, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani memperoleh informasi bahwa Arlinton Telaumbanua bersama adik-adiknya yang salah satunya merupakan korban tenggelam dan meninggal dunia selama ini diasuh oleh nenek mereka.

Sementara, Ayah Arlinton Telaumbanua sudah meninggal dunia. Ibu dari anak-anak yatim ini terpaksa merantau ke daerah lain untuk mencari nafkah.

“Semua sudah kehendak Tuhan, Adik kita (korban meninggal dunia, red) meninggalkan kita, tentu sudah kehendak Tuhan. Ikhlaskan lah kepergiannya,“ hibur Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dihadapan Arlinton bersaudara.

Selanjutnya Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani bertanyak kepada Arlinton Telaumbanua yang merupakan kakak sulung korban.

“Masih Sekolah dek..?,” tanya Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dengan nada sedih.

“Baru tamat SMK Pak. Saya sebenarnya ingin kuliah pak, tapi saya sadar Pak Bupati, ekonomi kami yang seperti ini, tak mungkin Saya kuliah,“ jawab remaja ini.

Terlihat, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani tak kuasa menahan air matanya saat mendengar jawaban anak remaja yang sangat ingin melanjutkan sekolahnya keperguruan tinggi.

Mendengar jawaban polos remaja ini, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani tak kuasa menahan rasa ibanya, dan dengan spontan menjawab “Mau ikut dengan Saya?”, tanya Bupati Bakhtiar Sibarani dan dijawab Arlinton Telaumbanua “Mau Pak,“ jawabnya.

Selanjutnya Bupati Bakhtiar Sibarani mengatakan “Kamu tinggal dengan Saya dan akan Saya kuliahkan Ya…,” lanjut Bupati.

Kesedihan yang dirasakan Arlinton Telaumbanua, seakan terobati dengan ajakan Bupati Tapanuli Tengah ini, “Terima kasih Pak… terima kasih Pak Bupati“, jawab Arlinton Telaumbanua sambil mengusap air matanya.

Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani selanjutnya, meminta kepada Camat Manduamas untuk membawa Arlinton Telaumbanua ke Sibolga tepatnya ke rumah dinas untuk tinggal bersamanya, usai acara pemakaman adiknya.

Dikesempatan ini, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyerahkan Tali Asih kepada nenek dari korban tenggelam ini.

Informasi yang dihimpun, adik Arlinton Telaumbanua ditemukan meninggal dunia setelah mandi-mandi di Bendungan Saragih.

Diketahui juga, salah seorang warga PO Mandumas, Heriansyah Silitonga (33) meninggal dunia setelah berupaya menolong korban yang merupakan adik kandung Arlinton.

Usai menjenguk di kediaman Arlinton Telaumbanua, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Ketua DPRD Khairul Kiyedi Pasaribu dan Waket DPRD Willy Silitonga menjenguk ke kediaman Heriansyah Silitonga di PO Manduamas.(mn.16)

Komentar

News Feed