oleh

Ibadah Qurban, Tujuannya Tumbuhkan Rasa Perduli dan Buang Sifat Kebinatangan

Warga Salak Permai Qurbankan 13 Sapi

MitaNews.PADANGSIDIMPUAN,-

Ustadz KH. Ali Umri Batubara, S.Pd.I. mengatakan ada beberapa hikmah yang menjadi tujuan ibadah qurban yang dilakukan umat Islam. Di antaranya membuang rasa dendam antar sesama saudara seaqidah, menumbuhkan rasa menyayangi sesama kaum muslimin. Setidaknya banyak mereka yang ikut menikmati keberadaan rezqi kaum muslimin yang berqurban.

“Kemudian menyembelih binatang, hikmah dan tujuannya adalah untuk menjadi hakekat hamba Allah yang mau membuang sifat tidak ada rasa malu dan membuang sifat kebinatangan yang ada pada setiap diri manusia itu,” kata Pimpinan Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Padangsidimpuan, Ustadz KH. Ali Umri Batubara, S.Pd.I. ketika menjadi khatib Sholat Hari Raya Idul Adha 1441 H di Masjid Al-Falah Salak Permai Batunadua Jae, Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara atau Sumut, Jum’at (31/07/2020) pagi.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Lingkungan IV Salak Permai, Buyung Harahap, SH, alim ulama setempat, H. Hanafi Ritonga Ketua Panitia Qurban, Ahiruddin Siregar bersama Sekretaris, Bustanul Mashuri Simatupang, SP, tokoh adat, Jasman Harahap, ST dan sejumlah tokoh masyarakat Salak Permai, Batunadua Jae lainnya.

Ustadz KH. Ali Umri Batubara lebih lanjut menambahkan, hikmah dan tujuan ibadah qurban itu juga membuang sifat rakus bin thoma’ atau serakah sehingga tidak perduli halal haram, yang tidak hak pun diambil, seperti korupsi. Tujuan ibadah qurban adalah menanamkan kepada setiap individu muslim itu untuk tidak mengambil yang bukan haknya.

“Kemudian sifat yang juga ada pada diri manusia itu adalah tidak perduli dengan ajaran agama. Banyak orang yang sudah tahu pun dia agama melarangnya tetapi untuk memenuhi ambisi pribadi, dilakukan juga. Ini juga dengan menunaikan ibadah qurban, kita harus buang jauh-jauh sifat tidak perduli dengan ajaran agama kita,” katanya.

Dari Ketua Panitia Qurban Jemaah Masjid Al-Falah, Ustad Ahiruddin Siregar diperoleh keterangan, warga yang merupakan jemaah Masjid Al-Falah Salak Permai Batunadua Jae mengqurbankan 13 ekor sapi dan enam ekor kambing untuk aqiqah yang waktu pelaksanaan penyembelihannya selesai menunaikan Sholat Idul Adha 1441 H.

“Pelaksanaan ibadah qurban, terdiri dari 13 ekor sapi ditambah enam ekor kambing untuk aqiqah. Waktu pelaksanasn penyembelihan dan pendistribusiannya kepada warga penerima berlangsung Jum’at (31/07/2020) pagi atau selesai pelaksanaan sholat Hari Raya Idul Adha 1441 H,” kata Ketua Panitia Ahiruddin Siregar didampingi Sekretaris Bustanul Mashuri Simatupang dan Kepala Lungjungan IV Salak Permai Batunadua Jae, Buyung Harahap, SH.

Selain Ketua Panitia Qurban, Ahiruddin Siregar dan Sekretaris, Bustanul Mashuri Simatupang, SP turut menyaksikan penyembelihan hewan qurban itu, antara lain Kepala Lungjungan IV Salak Permai Batunadua Jae, Buyung Harahap, SH, Imam Besar Masjid Al-Falah, Drs. Sopyan Sauri Siregar, tokoh adat, Jasman Harahap, ST dan sejumlah tokoh masyarakat Salak Permai, Batunadua Jae lainnya.

“Kita bersyukur, semangat berqurban hampir tidak terpengaruh dengan pandemi dan krisis ekonomi yang melanda akhir-akhir ini. Kalau pun agar menurun sedikit dari tahun yang lalu 16 ekor sapi, tetapi tahun ini masih sempat 13 ekor sapi,” kata Ahiruddin di sela-sela pembagian daging qurban tersebut. (balyan kadir).

Komentar

News Feed