oleh

Menanggapi Laporan Warga , Komisi Gabungan DPRD Palas Kunjungan Lapangan Terkait Limbah Pabrik PT GPN 

MitaNews.Palas ,-

Menanggapi laporan masyarakat terkait dugaan kebocoran limbah pabrik PT Giga Putra Nusantara (GPN)berlokasi di Desa Aek Nabara Jae ,Kecamatan Aek Nabara Barumun ,Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang mencemari sungai Aek Torop ,Komisi gabungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Padanglawas ( Palas ) melakukan kunjungan lapangan , Selasa (04/08/2020).

Kunjungan lapangan Komisi gabungan ( Mulai Komisi A, B dan C ) DPRD Palas ke Pabrik PT GPN dipimpin langsung Ketua DPRD Palas ,Amran Pikal Siregar didampingi Ketua Komisi A ,Sufriady Halomoan Hasibuan dan Ketua Komisi B ,H.Fahmi Anwar Nasution dan Sekretaris Komisi C ,Elfin Hamonangan Harahap .

“Kita melakukan kunjungan lapangan kemarin , menyikapi dan menanggapi laporan warga ,terkait dugaan bocornya limbah pabrik yang mencemari sungai sebagai sumber air bersih bagi kehidupan masyarakat Aek Nabara Jae dan Sidakkal Dolok ,”kata Amran Pikal Siregar .

Hasil kunjungan lapangan kelokasi pabrik dan Instalasi limbah milik PT GPN ,dilakukan pengambilan sample air limbah oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah (DLHKD) Palas.

Selanjutnya , untuk diperiksakan kelobaratorium agar dapat diketahui hasilnya mengandung limbah B 3 atau tidak ,ungkap Ketua DPRD Palas diruang kerjanya , Rabu (05/08/2020) 

Kata Amran , pihak DPRD juga meminta  penjelasan dari masyarakat tentang adanya pencemaran sungai akibat limbah buangan pabrik PT GPN sewaktu kunjungan lapangan kemarin .

Amran menambhakan, kita langsung turun dan menanggapi keluhan warga dan meminta pihak DLHKD Palas meninjau sungai yang diduga dicemari tersebut dan mengambil sample air sungai yang telah berubah warna menjadi  hitam pekat .

“Kita telah melakukan verifikasi dengan kunjungan  lapangan terkait dugaan pencemaran sungai Aek Torop ,”katanya 

Dari semua aliran outlet Instalasi pengelolaan air  limbah (IPAL) telah diambil sampel air limbah  selanjutnya akan diuji di Laboratorium ,tambahnya 

Ditempat terpisah , Kadis LHKD Palas Ir .Maslan Hamdani Ritonga melalui Kabid Persampahan  ,Limbah B3 ,Pengendalian dan Pencenaran Lingkungan Hidup ,Ongku Daulay mengatakan, saat ini kita membawa sample air limbah dari pabrik PT GPN untuk diperiksa di laboratorium di Medan .

” Untuk hasil dari pemeriksaan laboratorium terkait limbah tersebut ,kita tunggu hasil nanti .Apakah limbah tersebut tergolong Limbah berbahaya atau tidak ,”ujar Ongku .

Dikegiatan kunjungan lapangan rombongan DPRD Palas tersebut , ikut serta dari DLHKD , Satpol PP Palas , Perkebunan , Perizinan (mn.05/red) 

Komentar

News Feed