oleh

Puluhan Mahasiswa Asal sumut Geruduk KPK Kembali

MitaNews.JAKARTA,-

Puluhan Mahasiswa Asal sumut
yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara ( GMSU ) kembali Geruduk KPK , Senin (10 /08/ 2020 ) di Jakarta.

Dalam orasi nya Pery Silaban mengatakan bahwa ” Menurut informasi yang kami ketahui dari Bareskrim Mabes Polri ada sekitar 36 kasus dana covid -19 bermasalah di Sumatera Utara yang dimana anggaranya sebesar 1,5Triliun “.

Salah satu motif yang ditemukan adalah pemotongan dana dan pembagian yang tidak merata, artinya hal itu tidak Sesuai dengan amanat presiden RI, masyarakat yang dalam hal ini masyarakat Sumatra Utara.

Seharusnya , lanjut paparannya masyarakat mendapatkan Rp. 600.000 per bulan dengan anggaran covid 19 di SUMUT sebesar 1.5 triliun, namun dengan data yang sudah kami himpun dan berdasarkan keterangan langsung dari masyarakat SUMUT yang ternyata masih banyak yang belum mendapatkan bantuan tersebut.

Beberapa daerah dianyaranya: daerah sibolga, tapteng, simalungun,Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Dairi, Tobasa, Samosir, Madina, dan dari kota Medan sendiri ada pejabat yang dipanggil yakni dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Sosial Kota medan .

Namun, katanya belum juga dinyatakan sebagai tersangka.
“Kami meminta kepada penyidik berwenang baik itu kepolisian dan KPK harus segera menyusut tuntas kasus tersebut, karna jika tidak korupsi dana covid 19 di SUMUT akan tetap terjadi, kami juga meminta oknum tersebut harus dihukum mati” ujar Peri Gunawan silaban selaku korlap.

Sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pasal 2 Ayat (2) dijelaskan bahwa dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.

Sampai saat ini memang belum ada keterangan lebih lanjut oleh para penegak hukum baik itu kepolisian dan KPK terkait dana covid 19 yang bersamalah di Sumatera Utara.

“Kami akan terus mengawal sampai kemudian oknum yang terlibat kasus korupsi dana covid 19 diSUMUT tersebut diselesaikan” ujar Peri gunawan silaban .

Selain pemaparan melalui orasi Pery Silaban , terlihat terpampang beberapa tuntutan di Player :

l. Meminta atensi KPK untuk segera mengusut tuntas dana anggaran cm id di Sumatra Utara yang diduga keras bermasalah .

2. Mendesak pimpinan KPK untuk secepatnya menangkap oknum yang terlibat penyelewengan dana corona di Sumatra Utara .

Para mahasiswa di sambut Humas KPK RI Dir Tirta ,dan mendatangi massa aksi serta menjawab persoalan yang tuntutan massa aksi .

Dalam aksi tersebut sempat memanas, saling dorong mendorong antara pihak keamanan dengan massa aksi tapi pihak keamanan mampu meredam massa aksi . (AP)

Komentar

News Feed