oleh

Mewujudkan Desa Mandiri ,Desa Tanjung Baringin Libatkan Masyarakat Untuk Objek Pembangunan

MitaNews.co.id

Dengan dukungan alokasi dana desa yang terus meningkat bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai program membangun dari pinggiran desa

Dana desa bermanfaat mengatasi permasalahan ekonomi di desa, antara lain kemiskinan bisa dikurangi, angka pengangguran bisa diturunkan, laju urbanisasi bisa dihambat dan ketimpangan bisa dipersempit

Kepala Desa Riswan Hasibuan ,menunjukan gudang desa yang dibangun, saat ini digunakan untuk penyimpanan barang -batang inventaris desa .

Disisi lain ,pemerintah desa harus membangun sinergi pengembangan desa melalui pola kemitraan dengan dunia usaha sebagai penguatan pelaksanaan kebijakan dana desa.

Kapasitas sumber daya manusia perangkat desa juga harus berkualitas sehingga memberikan kontribusi dalam pengelola dana desa secara tertata sesuai arah kebijakan pembangunan .

Membangun desa untuk mewujudkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan serta keterbukaan pengelolaan anggaran secara transparan dan akuntabel agar diketahui publik .

Kepala Desa Riswan Hasibuan secara langsung meninjau pembangunan parit pembuangan yang telah selesai dikerjakan yang berfungsi sebagai saluran air pembuangan .

Untuk itu,distribusi dana desa terus ditingkatkan setiap tahunnya kedesa -desa sebagai upaya membuka akses kemajuan desa serta peningkatan kesejahteraan masyarakat .

Memperkuat koordinasi, konsolidasi, dan sinergi terhadap pelaksanaan program yang menjadi prioritas pembangunan desa dari tingkat pemerintah pusat, daerah, kecamatan, hingga desa itu sendiri harus sejalan dengan rencana pembagunan jangka menengah dan panjang

Prioritas penggunaan dana desa menurut Permen Nomor 16 Tahun 2018 yaitu dana desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa

Penggunaan dana desa harus dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan prioritas yang bersifat lintas bidang.

Selian itu , dana desa tidak hanya bertumpu pada program yang bersifat pembangunan fisik saja melainkan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berada di desa serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa seperti pengadaan pembangunan hingga pengembangan serta pemeliharaan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan seperti transportasi, energi, dan beberapa manfaat kebutuhan lainnya .

Seperti yang terjadi di Desa Tanjung Baringin ,Kecamatan Hutaraja Tinggi , berkat pengelolaan dana desa yang diprioritaskan untuk kegiatan pembangunan jalan rabat beton dan pembuatan saluran parit buangan , puluhan masyarakat didesa itu mendapat lapangan pekerjaan sebagai badan pekerja untuk kegiatan tersebut .

“Setiap kegiatan pekerjaan pembangunan sarana dan prasarana fisik , masyarakat dilibatkan sebagai pekerja dengan mendapatkan imbalan upah kerja yang disesuai dengan standart ,”kata Kepala Desa Tanjung Baringin , Riswan Hasibuan .S.Pdi didampingi Ketua BPD Riski Efendi Hasibuan .

Adanya dana desa ini ,lanjut Kades , masyarakat desa menikmati pekerjaan dalam setiap objek pembangunan yang dilaksanakan didesa setempat .

Membenarkan penyataan Kades , Tokoh Masyarakat Tanjung Baringin, Darwin Hasibuan dan H.Marakalim Hasibuan mengatakan, kegiatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Bronjong , dek penahan tanah , MCK , sumur bor dan gali serta gudang desa telah terealisasi sesuai usulan masyarakat .

Ditahun 2020 ini , kata kedua tokoh masyarakat desa ini , pembangunan jalan rabat beton di sekitar pemukiman warga ,sedang berlangsung dikerjakan dengan panjang 50 meter sebagai akses sarana lalulintas warga .

Sebagai masyarakat ,kita sangat apresiasi dengan kepemimpinan Riswan Hasibuan yang terus melakukan pembenahan didesa dengan cara merangkul semua elemen masyarakat secara baik .

Semua kegiatan pembangunan didesa dari hasil musyawarah desa untuk prioritas pembangunannya ,kita berharap , masyarakat yang lahannya menjadi objek pembangunan dapat menghibahkan lahannya karena tujuannya untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat ,harap Darwin selaku tokoh masyarakat kepada warga (IS) .

Komentar

News Feed