oleh

Camat Huristak Tepati Janji, Pasilitasi  PB BPM dengan 5 Kepala Desa

MitaNews, Padanglawas,  –

M.Lelan Daulay selaku Camat Huristak, Kabupaten Padang Lawas (Palas) hari ini Selasa 15 Desember 2020, Pasilitasi Lima Kepala desa Kecamatan Huristak dengan Pengunjuk rasa dari PB BPM,di Aula Kantor Camat Huristak.

Hal ini sesuai dengan janji beliau pada saat Mahasiawa berunjuk rasa pada Hari Senin 14/12-2020 yang bertempat di depan Kantor Camat Huristak.

Dikesempatan itu, Para Mahasiswa menduga ada penyalah gunaan Dana desa yang dilakukan oleh lima Kepala desa di Kecamatan Huristak.

Adapun Desa yang dimaksud yaitu Desa Payabujing, Galabonang, Tobing julu, Pulobariang dan desa Parantonga.

Dalam orasinya mereka menduga ada kolaborasi antara pihak Kecamatan,dan Pendamping Kecamatan dengan kelima Kepala desa tersebut.

Tetapi mereka tidak mengatakan tentang temuan kejanggalan tentang penggunaan dana desa yang di anggap tidak dilaksanakan oleh Kelima Kepala desa tersebut.

Bahkan para Mahasiawa memintak kepada Kepala desa agar menyerahkan Copi RAB dana desa kepada mereka.
Camat Hiristak menjawab tuntutan Mahasiswa bah RAB dana desa tersebut tidak bisa diserahkan kepada Mahasiswa karena RAB adalah termasuk Dokumen Negara dan tidak bisa diberikan kepada siapapun tanpa ada izin dari Bupati.

Oleh sebab itu Camat harus berkomunikasi dulu dengan Bupati apa boleh RAB dana desa tersebut bisa diberikan kepada Mahasiswa.
Namun demikian para Mahasiswa tetap ngotot untuk mendapatkan RAB,dana desa tersebut.

Sementara Yang mewakili Kapolres Padang Lawas sempat mempertanyakan kegunaan dari RAB tersebut apabila telah diserahkan kepada Mahasiswa, dan beliau juga mengatakan kalau memang ada temuan kejanggalan dalam pelaksanaan Dana desa tersebut kenapa tidak dilaporkan kepada pihak berwajib.

Namun demikian Mahasiawa masih tetap ingin mendapat kan RAB tersebut dan memintak agar Camat memberikan jawaban dalam waktu dekat.

Mediasi ini juga dihadiri oleh Kapolsek Barumun Tengah bersama personilnya, Bendahara APDESI Padang Lawas, M.Tawar Hasibuan.dan 27 Kepala desa Kecamatan Huristak. (mn.20.) 

Komentar

News Feed