oleh

Waspada, Aksi Penipuan Via Foto Profil WhatsApp Catut Nama  Bupati dan Wakil Bupati 

MitaNews.Padang Lawas,- 

Modus penipuan meminta sejumlah uang mengatasnamakan pejabat kembali terjadi.didaerah Kabupaten Padanglawas (Palas).

Beredar tangkapan layar nomor WhatsApp dengan foto propil Bupati Padanglawas, H.Ali Sutan Harahap (TSO) dan Wakil Bupati, drg .H.Ahmad Zarnawi Pasaribu .CHt.MM.M.Si yang dicatut orang tak dikenal (OTK).

Modus kejahatan yang dilakukan adalah mengatasnamakan Bupati dan Wakil Bupati  untuk meminta ditransferkan sejumlah uang untuk ditujukan kepada bantuan santri dan guru-guru pondok pesantren.

Wakil Bupati Padangiawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu .CHt.MM.M.Si saat memberikan klarifikasi melalui pesan WhatsApp, Sabtu (9/1/2021) mengatakan, oleh orang yang tidak bertanggung jawab ada menghubungi beberapa  pondok pesantren melalui pesan WhatsApp dengan mengatasnamakan saya (Zarnawi).

“Jadi, pondok pesantren itu dihubungi via WhatsApp dengan gambar saya, dan menginformasikan akan menyalurkan bantuan dengan sasaran guru dan santri pondok pesantren,”ungkap Wabup Zarnawi.

Kemudian, meminta nomor rekening pondok dan sebagainya. Kami ingin klarifikasi bahwa itu bukan dari saya,” tegas Zarnawi.

Lebih lanjut, Wabup Zarnawi menyatakan, untuk Bapak Ibu yang menerima atau dihubungi oleh orang atau pihak yang mengatasnamakan saya (Zarnawi).

Terus  ada gambar saya bahwa saya akan begini atau begini termasuk akan membantu dana, sehingga kemudian yang bersangkutan minta nomor rekeningnya pondok pesantren  atau pihak yang dihubungi itu, itu sungguh modus penipuan, beber Zarnawi.

“Nama dan gambar saya digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Itu bukan dari perintah dari saya. kemudian nomor handphonenya itu dibawah gambar saya itu bukan nomor saya,” tambah Wabup.

Wabup  mengimbau kepada masyarakat dan  khalayak untuk mengabaikan pesan melalui WhatsApp yang mengatss namakan saya, karena ini adalah modus penipuan.

Kata Wabup, kalau ada bapak/ibu dari pondok pesantren (Ponpes) dihubungi yang bersangkutan ini, mohon untuk tidak dipercaya. Selain itu, Zarnawi  mengajak masyarakat untuk waspada karena itu tidak benar tetapi merupakan modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat daerah.

“Sekali lagi kepada bapak/Ibu yang menerima pesan WA saya (Zarnawi ), mohon untuk tidak ditanggapi. Kalau perlu, nomor tersebut dicatat dan diblokir.

kalaupun bisa diketahui orangnya dan dapat ketemu secara fisik laporkan segera kepihak Kepolisian Polres Padanglawas, tegas Zarnawi.

Oleh karena itu, Zarnawi juga menghimbau  seluruh ASN, pondok pesantren dan masyarakat di Kabupaten Padanglawas  untuk berhati-hati agar tidak percaya terhadap informasi-informasi yang sifatnya memungut uang atau menstransfer sejumlah uang dan itu adalah modus penipuan sindikat penipu.

Penipuan menggunakan foto profil Bupati dan saya saat ini sudah mulai merebak ditengah masyarakat dan pondok pesantren.

Wabup Zarnawi didampingi Ketua Pemuka Agama Mitra Kamtibmas Polres Padanglawas Pauzan Hamidy Hasibuan meminta, pihak kepolisian  agar dapat membantu melacak siapa sebenarnya penipu yang sudah sangat meresahkan masyarakat atau pimpinan pondok pesantren untuk segera dapat diringkus, pungkasnya.(mn.05)

Komentar

News Feed