oleh

Muskab PMI Kabupaten Paluta, Tohong P. Harahap, SPd MSi Kembali Terpilih

Mitanews. PALUTA.- Musyawarah Kabupaten Palang Merah Indonesia (Muskab PMI) Padanglawas Utara berlangsung di aula “Serba Guna” Kantor Bupati Paluta, Kamis (21/01/2021). Muskab III yang agenda utamanya dalam rangka Pemilihan Ketua PMI Padanglawas Utara untuk priode 2021 – 2026 tersebut dibuka Bupati Andar Amin Harahap, SSTP, MSi diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten, H. Burhan Harahap, SH.

Pada agenda pemilihan Ketua PMI kabupaten Paluta, Tohong Pangondian Harahap, S. Pd, MSi ternyata kembali terpilih menjadi Ketua PMI secara aklamasi dan dipercaya lagi memimpin PMI kabupaten Padanglawas Utara untuk lima tahun mendatang tepatnya priode 2021 – 2026.

Dalam arahannya ketika membuka Muskab II PMI Paluta tersebut, Sekdakab Paluta, H. Burhan Harahap, SH mengatakan, pemerintah kabupaten Paluta mendukung eksustensi PMI Paluta. Itu karena pemkab merasakan manfaat kehadiran PMI kabupaten Paluta dalam membangun kepedulian dan menjalankan misi kemanusiaan di daerah ini.

“PMI nyata telah turut memajukan kabupaten Paluta. Untuk itu bersama ini atas nama Bupati Paluta saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Muskab III ini. Tentunya kami sangat  berharap, Muskab ini menghasilkan pengurus baru dengan inovasi program kerja dan memberikan hasil nyata seperti program kerja pengurus PMI priode yang lalu. Selamat bermusyawarah, selaku pemerintah daerah siap menjadikan PMI sebagai mitra dalam rangka membangun daerah,” kata Sekdakab Burhan Harahap.

Ketua PMI Sumatera Utara, Rahmadsyah diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi dan SDM PMI Sumut, Chairil Siregar, SH pada acara yang juga dihadiri Pabung Kodim 0212/TS, Mayor (ARM) Hasran Harahap, Kejari Paluta, Dinas Kesehatan, MUI tersebut mengatakan, Muskab ini merupakan agenda rutin dengan tujuan mengevaluasi kinerja dalam lima tahun terakhir serta menetapkan program kerja dan hal-hal strategis lainnya untuk lima tahun mendatang.

Dikatakan, selain pelaksanaan pemilihan Ketua PMI kabupaten, forum Muskab ini hendaknya dijadikan sarana untuk evaluasi kekurangan dan kelebihan organisasi serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan koordinasi antar seluruh kader maupun relawan.

“Tugas pokok dari PMI adalah mengemban misi jemanusiaan dan siap bekerja dengan sepenuh tenaga dalam upaya membantu para korban bencana dengan berdasarkan rasa keikhlasan. Untuk itu, Muskab ini diharapkan dapat berjalan dengan baik agar dapat menghasilkan keputusan yang tepat terutama dalam memilih Ketua, yakni menentukan figur-figur kepengurusan serta peningkatan program kemanusiaan ke depannya,” tegas Chairil Siregar.

Ketua Domisiiner PMI Paluta, Tohong Pangondian Harahap, S. Pd, MSi dalam laporannya mengatakan, selain sejumlah kegiatan kemanusiaan dan membantu penanganan bencana, PMI Paluta saat ini sedang gencar-gencarnya membantu pemerintah berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dengan berperan aktif mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Untuk saat ini PMI sedang giat bersosialisasi pentingnya semua pihak mentaati protokol kesehatan, terutama melalui gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 khusunya di kabupaten Paluta,” ujar Tohong Pangondian.

Ditambahkan Tohong Pangondian, selain itu PMI Paluta juga sedang mengupayakan terwujudnya peningkatan peranan Unit Transfusi Darah (UTD) dengan berkoordinasi bersama pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Daerah dan Dinas Kesehatan Padanglawas Utara.

Tohong pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih dan aoresiasi kepada seluruh relawan dan pengurus PMI Kabupaten Paluta yang begitu ikhlas mengemban semua tugas kemanusiaan, sehingga berkat keikhlasan dan kebersamaan yang terjalin dengan segenap pengurus, program-program PMI Paluta terlaksana dengan sebaik-baiknya. 

“Terima kasih atas keikhlasan para rekan pengurus dan relawan selama ini, serta terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada pemkab Paluta atas kerjasama dan sinergitas yang cukup baik sehingga program PMI di Paluta telah terlaksana dengan baik,” demikian Tohong di akhir laporannya. (balyan kd).

Komentar

News Feed