oleh

9 Bulan Menunggu, Akhirnya Korban Banjir Bandang di Lubu Sutam Terima Bantuan dari Kemensos RI

-Daerah-730 views

Padang Lawas.Mitanews.co.id | Sembilan bulan menunggu, akhirnya Kementerian Sosial Repuplik Indonesia (Kemensos RI) melalui Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) menyerahkan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) kepada Korban yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Penyerahan bantuan BBR ini diberikan langsung oleh Plt Bupati Padang Lawas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si di Balai Desa Tamiang, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Selasa (27/09/2022).

Kadis Sosial Kabupaten Padang Lawas H. Ahmad Fauzan Nasution, S.Q,.SHI,.M.Pdi dalam laporannya memaparkan bahwa penerima BBR Kecamatan Batang Lubu Sutam sebanyak 122 KK dari 131 KK yang diusulkan di 6 Desa, dengan rincian sbb :

Desa Tamiang 78 KK, Desa Tanjung Baru 7 KK, Desa Tanjung Barani 23 KK, Desa Manggis 6, Desa Siadam 6 KK serta Desa Hutabaru 2 KK.

Bantuan BBR diberikan untuk membantu perbaikan rumah korban yang terdampak banjir bandang dengan kategori kerusakan berat dengan nominal uang mulai 15 Juta, 17 juta, 20 juta dan 25 Juta rupiah Per KK dengan total nilai BBR Rp. 2.593.000.000.

Lebih lanjut H. Fauzan mengatakan Penentuan nominal bantuan merupakan hasil verifikasi dan validasi langsung Kemensos RI yang beberapa waktu lalu telah terjun langsung menyaksikan serta menghitung kerugian warga terdampak banjir bandang.

BBR yang dikucurkan hari ini merupakan bantuan tahap I sebeser 70% dari nilai yang akan diterima penerima manfaat. Sedangkan 30 % lagi akan kembali dikucurkan setelah selesai pertanggung jawaban dari dana yang diterima pada tahap I. Uangnya diterima langsung oleh penerima manfaat melalui PT. Bank Mandiri Cabang Sibuhuan, pungkasnya.

Tokoh Masyarakat Murad Lubis dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Padang Lawas beserta jajarannnya atas perhatiannya kepada korban terdampak banjir bandang.

"Saya atas nama masyarakat Batang Lubu Sutam khususnya warga korban banjir bandang menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Padang Lawas beserta jajarannya atas pemberian bantuan ini", ucapnya

Plt. Bupati Padang Lawas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa BBR ini ditujukan untuk bantuan renovasi rumah warga yang rusak akibat banjir bandang.

"Walaupun bantuan ini belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat tetapi ini adalah rezeki yang harus kita syukuri".

Dengan sepenuh hati, segala strategi dan upaya telah kami lakukan, berkali kali ke Kementerian Sosial RI khususnya Direktorat Jenderal Jaminan Sosial agar masyarakat mendapat bantuan Bahan Bangunan Rumah untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir bandang, ujar Plt Bupati

Yakinlah kami tidak akan diam, bantuan lain tetap akan kami usahakan termasuk pembangunan beton disisi sungai sebagai pengendali banjir telah kita upayakan ke Kementerian PUPR, walaupun belum tahun ini paling lambat tahun depan akan dibangun agar masyarakat aman dari banjir, tambahnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Sumut, Kemensos RI dan Ketua Komisi IX Bapak Iskan Kolba Lubis yang telah menjembatani dan memberikan dukungan sehingga Bantuan BBR sampai di Kecamatan Batang Lubu Sutam, tandas Plt. Bupati.

Turut hadir pada acara ini, Asisten I Bidang Pemerintahan H Panguhum Nasution, M.AP, Pimpinan OPD, Camat Batang Lubu Sutam M.Daniel Hasibuan, SH, S.Pdi. Branch Manager PT. Bank Mandiri Cabang Sibuhuan Dimas Agus Prasetyo, Kepala Desa se Kecamatan Batang Lubu Sutam, Tokoh Masyarakat, OKP IPK Kabupaten Padang Lawas.(Faisal Hidayat)

Baca Juga : Normalisasi Sungai Belutu Tahap II Untuk Minimalisir Banjir

News Feed