oleh

Adlin Tambunan Yakinkan DHC 45 Segera Terbentuk di Sergai

-Daerah-423 views


Adlin Tambunan Yakinkan DHC 45 Segera Terbentuk di Sergai

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan ST MSP meyakinkan bahwa kepengurusan Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 di kabupaten itu segera terbentuk.

“Ya InsyaAllah segera kita bentuk,” tegas Wakil Bupati saat menerima pengurus Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Propinsi Sumut di Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat.

Didampingi Sekda Kabupaten Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP dalam pertemuan penuh kekeluargaan itu Wakil Bupati berjanji segera berkonsultasi dengan Bupati H Darma Wijaya untuk menindaklanjuti hal ini.

“Apabila direstui dan atas petunjuk Bupati maka saya siap menjadi Ketua DHC 45 Kabupaten Sergai,” tegas cucu pejuang yang makamnya di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan Alm Mayor TNI H Djamaluddin Tambunan dan Almh Lettu Hj Nurbanun Siregar.

Sekretaris Umum DHD 45 Sumut Dr H Eddy Syofian MAP mewakili Ketua Umum Mayjen TNI Purn HM Hasyim mengapresiasi komitmen Wakil Bupati Adlin Tambunan ini.

Didampingi Ketua Bidang Sosbud DHD 45 Sumut Elyuzar Siregar SH yang mantan Sekda Binjai, Eddy Syofian yang mantan Pj Walikota Tebingtinggi dan Pematangsiantar ini menyatakan bangga atas sikap teguh cucu pejuang ini untuk melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45 RI.

“Selaku cucu tokoh pejuang yang cukup disegani dan dari keluarga yang komit terhadap semangat patriotisme, Pak Adlin yang juga putra kebanggaan Bapak H Ashari Tambunan, Bupati Deliserdang dua periode dan kemanakan tokoh birokrat legendaris Alm Bapak H Amri Tambunan, kami optimis DHC 45 di Kabupaten Sergai akan memberi makna luas bagi pewarisan nilai-nilai kebangsaan,” kata Eddy Syofian.

Eddy mengatakan organisasi juang yang dibentuk sejak masa Pemerintahan Presiden Soekarno dan pada masa Presiden Soeharto Anggaran Dasar Organisasi 45 ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 40 tahun 1984 .

Eddy lebih lanjut menyatakan Kabupaten Serdang Bedagai ini banyak menyimpan catatan atau memori sejarah perjuangan dan kebudayaannya juga merupakan khasanah kekayaan bangsa yang masih terawat dengan baik.

Dengan hadirnya DHC 45 ini, Eddy Syofian meyakini akan ikut membantu Pemkab Sergai dalam melestarikan memori dan situs juang, merawat kerukunan warga dan terlibat pembinaan generasi milenial.

"Organisasi juang ini bentukan pemerintah sehingga DHC akan turut memberdayakan dan bersinergi dengan Pemkab Sergai," ujarnya.

Elyuzar Siregar juga mengatakan tantangan masa depan bangsa termasuk di Sergai bagaimana generasi milenial ini faham sejarah dan perjuangan bangsa. Mereka tidak boleh menjadi generasi lupa sejarah.

Dia berharap DHC 45 Sergai bersinergi dengan OPD Pemkab untuk meningkatkan kapasitas nasionalisme dan pengetahuannya tentang sejarah bangsa dan sejarah ini.

"Saya tak ingin anak muda di Sergai melupakan sejarah dan mereka harus terbangun jiwa nasionalismenya untuk memberi manfaat bagi bangsa dan Kabupaten Sergai," ujar Elyuzar Siregar.(MN.01)***

Baca Juga :
Bawaslu Medan Perpanjang Rekrutmen PTPS Pemilu 2024

News Feed