oleh

Banjir Beruntun di Palas Akibatkan 5 Jembatan Putus

-Peristiwa-1,895 views


Banjir Beruntun di Palas Akibatkan 5 Jembatan Putus

PALAS.Mitanews.co.id ||


Banjir beruntun terus terjadi di Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengakibatkan empat jembatan gantung (rambin) dan satu jembatan putus.

Banjir tersebut terjadi akibat intensitas curah hujan di Palas cukup tinggi sehingga Sungai Barumun, Sosa, Siabu meluap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palas pertanggal 27-29 Desember 2023 mencatat ada sepuluh kejadian banjir di wilayah Kabupaten Padang Lawas.

Jembatan gantung putus di Kecamatan Huristak yakni di Desa Gunung Matinggi, Gunung Manaon, Tanjung Morang, mengakibatkan akses ke kebun masyarakat putus.

Kemudian, di Kecamatan Barumun Baru, juga menghanyutkan rambin di Desa Sabarimba, yang merupakan akses penghubungkan ke Desa Limbong menjadi terputus.

Selanjutnya, di Kecamatan Barumun Selatan Jembatan sungai Siabu Bandar Godang di Desa Batang Bulu Baru roboh yang merupakan jembatan penghubung ke sembilan desa lain di Kecamatan Barumun Selatan.

Dari banyaknya kejadian banjir tersebut, Kepala BPBD Palas, Amit Hadi Nasution kepada Mitanews.co.id, Sabtu 30 Desember 2023 menyebut ratusan rumah puluhan hektare lahan masyarakat terendam banjir.

" Saat ini bersama tim Pemkab Palas sedang menginventarisasi seluruh kerugian akibat dampak banjir ini," jelas Amit Hadi Nasution.

BPBD Palas kembali mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk lebih waspada, jika sewaktu-waktu air sungai naik diharapkan masyarakat segera berlindung di tempat aman.

"Kita sudah melakukan kordinasi dengan Sekda Palas dan unsur terkait lainnya untuk berupaya melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang bahaya bencana alam yang sewaktu-waktu menimpa," tandasnya.

Amit berpesan agar masyarakat kembali memberdayakan jaga malam mengingat insensitas hujan di tahun 2023 ini masih tinggi rawan banjir.(FH)***

Baca Juga :
Blusukan ke Barsel, Putra Mahkota Dianggap Memiliki Aura Seorang Pemimpin

News Feed