oleh

Bupati Darma Wijaya : Pemkab Sergai Komitmen Dalam Pembangunan SDM Wujudkan Sekolah Mantab

-Daerah-595 views


Bupati Darma Wijaya : Pemkab Sergai Komitmen Dalam Pembangunan SDM Wujudkan Sekolah Mantab

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Wilayah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Jumat 19 Januari 2024.

Rakor ini beragendakan Program Beasiswa Indonesia Emas Daerah dengan tema “ Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Beasiswa Indonesia Emas Daerah”.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai H Darma Wijaya selaku Koordinator APKASI Wilayah Sumut menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan APKASI untuk menjawab kesenjangan pendidikan antar daerah.

Diantaranya melalui program pelatihan matematika dan bahasa Inggris cepat dan menyenangkan bagi guru-guru di Indonesia dan program beasiswa ke luar negeri, kata Bupati Darma Wijaya sembari menambahkan jika yang menjadi prioritas APKASI yaitu Program Beasiswa Indonesia Emas Daerah yang bekerjasama dengan 21 Perguruan Tinggi Negeri di daerah.

“ Program ini diharapkan dapat mewujudkan pendidikan yang lebih merata dan memfasilitasi tenaga pendidik/kependidikan serta putra-putri terbaik di daerah, untuk mengembangkan keterampilan dan akademik guna menjawab tuntutan era globalisasi yang memaksa generasi muda menguasai keterampilan dan teknologi,” kata Bupati.

Selain itu, lanjutnya lagi, Program Beasiswa Indonesia Emas Daerah ini juga selaras dengan salah satu misi pada rancangan RPJPN yaitu transformasi sosial: menciptakan manusia Indonesia unggul untuk mencapai Indonesia emas 2045, kata Bupati di hadapan Wabup Sergai H Adlin Tambunan, Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dr. Himmatul Hasanah, MP.

Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Bupati selaku Dewan Pengurus APKASI, Dewan Penasihat Program Beasiswa Indonesia Emas Prof. Dr. Ir. Budi Prasetya Widyobroto.

Penanggung Jawab Pelaksana Program dan Tim Konsorsium Program Beasiswa Indonesia Emas, Tollaal Badru, M.Pd, para Sekdakab se-Sumut, para Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda, Kepala BKPSDM, dan Kabag Kesejahteraan Rakyat di lingkungan Pemkab se-Sumut.

Untuk Kabupaten Sergai sendiri, lanjut Bupati lagi,sesuai program prioritas dalam RPJMD yang disebut Sapta Dambaan (Sapda), juga berkomitmen dalam pembangunan SDM dengan mewujudkan Sekolah Mantab yaitu sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas.

Salah satu langkah konkrit yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut melalui program beasiswa bagi siswa tidak mampu.

Program beasiswa utusan daerah bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan program beasiswa Luar Negeri bekerjasama dengan Yangzhou Politechnic Institute China. Program ini sudah berjalan dari tahun 2017 hingga 2024.

Alhamdulillah untuk Program Beasiswa Utusan Daerah bekerjasama dengan IPB, sebanyak 15 orang sudah menyelesaikan Program Studi Diploma dan Sarjana.

Sementara untuk Program Beasiswa Luar Negri Yangzhou-China ada sebanyak 10 orang, dan baru memasuki semester 2 tahun ini.

" Sekalipun SMA sederajat dan Perguruan Tinggi bukan kewenangan kabupaten, namun kami tetap memprioritaskan pendidikan di seluruh tingkatan sebagai target kinerja kabupaten,” ujar Bupati Darma Wijaya optimis.

Ditambahkan Bupati jika pembangunan dan peningkatan kualitas SDM di daerah merupakan pondasi dasar bagi masa depan daerah yang cemerlang. Bupati juga mengapresiasi seluruh program-program APKASI terkait pendidikan.

Semoga Program Beasiswa Indonesia Emas Daerah ini berjalan sukses dan mampu melahirkan generasi muda di daerah yang terampil, yang di masa depan akan menjadi agen perubahan bagi pembangunan daerahnya.

" Hal ini tentu saja dapat terwujud dengan komitmen, sinergi dan kerjasama APKASI, Pemerintah Daerah selaku Anggota APKASI, Perguruan Tinggi Negeri dan mitra terkait, pungkasnya.(MN.44)***

Baca Juga :
Pedagang Bandrek di Sibuhuan, Tunaikan Nazar Gratiskan Minum Setiap Jumat Malam

News Feed