oleh

Bupati Sergai Harap Oil Palm Maraton Jadi Agenda Rutin

-Daerah-633 views


Bupati Sergai Harap Oil Palm Maraton Jadi Agenda Rutin

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan mengikuti Oil Palm Maraton 2023 "Run For Sustainable Oil Palm", yang diselenggarakan di Areal Perkebunan Kelapa Sawit PT Socfin Indonesia, Kebun Bangun Bandar, Dolok Masihul, Sabtu 25 November 2023.

Oil Palm Maraton ini dilaksanakan dalan empat kategori yaitu Full Marathon 42 kilometer, Half Marathon 21 kilometer, 10 kilometer, dan 5 kilometer.

Dalam sambutannya, atas nama Pemkab Sergai Bupati Sergai mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya acara ini.

“Oil Palm Maraton ketiga yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2022. Kegiatan oil palm merupakan lomba maraton yang menggunakan jalan sekitar kawasan kebun Bangun Bandar, PT. Socfin Indonesia, Kabupaten Sergai, Provinsi Sumatera Utara,” jelasnya.

Perkebunan sawit ini, sebut Darma Wijaya, merupakan salah satu area yang menarik untuk dikembangkan menjadi tujuan favorit wisata lari buat masyarakat Indonesia, bahkan manca negara.

Menurutnya, para peserta dapat menikmati indahnya alam di perkebunan sawit Kabupaten Sergai, yang didukung oleh fasilitas jalan yang cukup memadai dan serta kontur jalan berbukit dan berkelok-kelok sebagai lintasan lomba ditambah suasana sejuk dan asri di bawah rerimbunan pohon sawit.

“Lari maraton berskala internasional ini bisa dikatakan sebagai sport tourism dimana peserta yang sebagian besar merupakan masyarakat umum dapat menikmati bentang alam sembari berolahraga. Semoga para peserta melihat dan merasakan sensasi berlari di perkebunan sawit kita yang dipenuhi oleh pohon-pohon sawit yang usianya bisa mencapai 25 tahun,” jelasnya.

Event ini harap Bupati bisa menjadi ajang promosi produk UMKM dan wisata Kabupaten Sergai. Ia juga mengharapkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit siap untuk mendukung Oil Palm Maraton ini agar bisa diadakan secara berkelanjutan di tahun 2024 mendatang di Kabupaten Sergai.

“Semoga dengan adanya Oil Palm Maraton bisa semakin mengenalkan UMKM turunan sawit, membantu masyarakat sekitar, dan menggerakkan ekonomi daerah di Kabupaten Sergai. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkhusus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Direktur Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit selaku tuan rumah yang telah membuat kegiatan ini,” tandasnya.

Oil Palm Maraton ini diikuti oleh para pelari lokal Sergai dan pelari nasional dari sejumlah daerah seperti Medan, Jakarta, Riau, Labuhanbatu, Asahan, dan Asahan. Selain itu ikut pula belasan pelari dari mancanegara yaitu Kenya dan Malaysia.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Polres Sergai AKBP. Oxy Yudha Pratesta, SIK, Dandim 0204/DS Letkol. Czi. Yoga Febrianto, SH, M.Si, perwakilan GAPKI sejumlah daerah, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD, Camat, masyarakat.(mn.44)***

Baca Juga :
Sekdakab Tapteng Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional ke-78

News Feed