oleh

Bupati Sergai Minta Tenaga Administrasi Sekolah Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

-Daerah-227 views


Bupati Sergai Minta Tenaga Administrasi Sekolah Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Titik Temu Sergai, Perbaungan, Senin 24 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan Tenaga Administrasi Sekolah (Tata Usaha) memiliki kontribusi penting untuk mendukung keberhasilan sekolah agar dapat menjalankan perannya. Darma Wijaya berpendapat para Tenaga Administrasi Sekolah harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan sekolah.

“Mereka bertugas sebagal pendukung berjalannya proses belajar dan mengajar di sekolah meskipun bertugas sebagai tenaga kependidikan yang tidak mengajar, namun tenaga administrasi sekolah tetap menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan,” ujar Darma Wijaya.

Dalam Permendikbud No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah harus memiliki kompetensi dalam mengelola administrasi di sekolah. Peran tenaga administrasi sekolah, ujarnya, sama halnya dengan peran guru dalam proses mendidik, selain bertugas dalam hal administrasi juga berperan aktif dalam memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

“Pada peraturan tersebut telah ditetapkan tentang kualifikasi dan kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh seorang tenaga administrasi, kompetensi dimaksud adalah kependidikan sosial, teknis dan managerial. kita harus terus mengembangkankompetensi dan profesionalisme yang merupakan tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Kita juga menyadari kurangnya tenaga administrasi, khususnya di sekolah negeri sehingga sekolah harus mengangkat tenaga administrasi yang pada umumnya memiliki kompetensi di bawah standar kompetensi yang diharapkan,” tuturnya panjang lebar.

Masih lanjut Bupati, tenaga administrasi, guru, dan seluruh warga sekolah merupakan pelayan masyarakat, terkhusus tenaga administrasi yang setiap harinya harus melayani masyarakat, seperti pengurusan mutasi siswa, surat menyurat yang berhubungan dengan siswa dan surat pengganti Ijazah/SKHU yang hilang.

Dirinya berharap dengan adanya pelatihan ini seluruh peserta yang hadir dapat memahami apa yang disampaikan oleh narasumber.

“Yang tak kalah penting, ilmu yang didapat harus dapat diimplementasikan serta meningkatkan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat,” pungkas Darma Wijaya.

Hadir dalam kesempatan ini Kadis Pendidikan Suwanto Nasution, S.Pd, MM, Kabid Pembinaan SMP Maryam, SE. MPd, para kepala sekolah, guru, dan peserta.(MN.01)***

Baca Juga :
PJ Bupati Paluta Lantik 372 Kepala Desa

News Feed