oleh

Dinkes Palas Deklarasi Stop BABS di Kecamatan Aek Nabara Barumun

-Daerah-271 views

Padang Lawas.Mitanews.co.id | Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas (Palas) deklarasikan 25 desa di Kecamatan Aek Nabara Barumun sebagai Kecamatan dan desa Program open defecation free (ODF) atau stop Buang Air Besar di Sembarang tempat (BABS).

Deklarasi ini merupakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang digelar di Lapangan Puskesmas Aek Nabara Barumun, Desa Padang Garugur Tonga, Kecamatan Aek Nabara Barumun. Selasa (22/11/2022).

Dalam arahannya, Plt Kadis Kesehatan Palas Amelia Roitona Nasution SKM mengatakan, maksud dan tujuan deklarasi ODF.

"Tujuan deklarasi ini untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada semua pihak untuk segera meningkatkan akses sanitasi yang layak di Kabupaten Palas, khususnys Kecamatan Aek Nabara Barumun, serta mewujudkan Kecamatan Aek Nabara Barumun bebas BABS," Ujar Amelia

Ia menjelaskan, selaku satuan kerja yang menangani bantuan sosial ini dan sesuai program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah pemberdayaan masyarakat.

"Maka dari itu bansos ini merupakan stimulan kepada masyarakat untuk merubah perilakunya dari buang air sembarangan ke jamban sehat,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Amelia Roitona mengungkapkan bahwa deklarasi 25 desa tersebut merupakan sejarah bagi Kabupaten Palas.

"Hari ini, kita menorehkan sejarah bahwa sebanyak 25 desa di Kecamatan Aek Nabara Barumun telah mendeklarasikan bebas BABS, patut kita syukuri baru ini kali pendeklarasian bebas BABS, Insyaallah Kecamatan lainnya akan menyusul."

Harapan saya, kata Amelia, kegiatan deklarasi ODF ini dapat meningkatkan komitmen bersama untuk terus menjaga dan mempertahankan perilaku bersih sehat yang salah satunya adalah BAB di jamban.

Sementara itu Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si menerangkan tentang Program STBM

"Ada lima pilar program STBM yaitu tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makan yang aman. Selain itu mengelola sampah rumah tangga dengan aman dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman," Ujar Plt Bupati yang akrab disapa AZP.

AZP mengungkapkan peran Kepala Desa sangat penting dalam keberhasilan program STBM.

"Saya yakin keberhasilan ini tidak lepas dari peran kepala desa yang ikut serta dalam upaya mengajak masyarakat beralih ke jamban sehat. Dengan adanya jamban sehat seperti sekarang ini, paling tidak penyakit menular yang disebabkan oleh diare bisa berkurang karena kita hidup sehat,” kata beliau.

Mari bersama kita terapkan hidup bersih dan sehat sangatlah penting dan tak lupa jaga kesehatan,Harap AZP.

Hadir dalam deklarasi BABS, Plt Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si (AZP), Ketua TP PKK Padang Lawas Ny Hj. Emma Nurul AZP, Perwakilan Dinkes Provinsi Sumutera Utara , anggota DPRD Kholid Mulia Daulay S.Kes, para Pimpinan OPD, para Camat, para Kepala Puskesmas, pengurus IDI, IBI, para Kepala Desa se-Kecamatan Aek Nabara Barumun, Koramil 09/Barumun Tengah, dan Marching Band MTs-N 2 Padang Lawas dan ratusan undangan lainnya.(FH)

Baca Juga : Wabup Tegaskan Pemkab Sergai Akan Selalu Hadir di Tengah Korban Banjir

News Feed