oleh

Forkopimda Sambut Kedatangan Menhub RI di Bandara Tuanku Tambusai

-Daerah-188 views


Forkopimda Sambut Kedatangan Menhub RI di Bandara Tuanku Tambusai

ROHUL.Mitanews.co.id ||


Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Dr.Ir. Budi Karya Sumadi, mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, pada Sabtu 4 Mei 2024.

Fokus utama kunjungan ini adalah meninjau langsung Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian.

Dalam rangka kunjungannya, Budi Karya Sumadi didampingi oleh Mantan Menko Perekonomian Darmin Nasution, Dirjen Udara Maria Kristi Endah Murni, Karo SDMO Wismantono, Direktur Bandar Udara Lukman F Laisa, dan Arsitek Sarah.

Mereka tiba di Rohul sekitar pukul 01.00 WIB dan disambut oleh Bupati Rohul H. Sukiman beserta Unsur Forkopimda dengan kalungan bunga dan tarian tepak sirih di Bandara Tuanku Tambusai.

Budi Karya Sumadi mengapresiasi keberadaan Bandara Tuanku Tambusai namun Ia mengungkapkan harapannya untuk optimalisasi kegiatan di bandara tersebut guna memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan antar daerah.

"Bandara Tuanku Tambusai sudah bagus, terutama dengan adanya rute penerbangan ke Batam seminggu dua kali, namun kami berpikir bandara ini harus dioptimalkan lebih lanjut. Rute penerbangannya tidak hanya ke Batam, tetapi juga dapat diperluas ke daerah lain seperti Medan dan daerah-daerah lainnya," kata Budi.

Lebih lanjut, Budi menekankan perlunya proses penyerahan aset kepada Kementerian Perhubungan agar perawatan bandara dapat diambil alih oleh Kemenhub.

"Sebelum melakukan itu, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menyegerakan proses penyerahan aset kepada Kemenhub, sehingga nantinya setelah diserahkan, perawatannya akan dilakukan oleh Kemenhub," jelasnya.

Bupati Rohul menegaskan bahwa proses peralihan aset sudah diajukan ke Kemenhub dan saat ini dalam tahap pengajuan ke Kementerian Desa.

"Dengan di serahkannya manajemen operasional bandara kepada Kemenhub, kami berharap pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, penerbangan Pasir Pengaraian menuju Kuala Namu Sumut akan tersedia," ucap H. Sukiman.

Kunker Menhub beserta rombongan di awali dari Mandailing Natal Tapsel, Sumatera Utara dilanjutkan ke Bandara TuanKu Tambusai Pasir Pengaraian dengan menumpang pesawat jenis Fokker, usai meninjau Bandara Tuanku Tambusai, Menhub beserta Rombongan Bertolak menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II menggunakan Pesawat yang sama.

Harapan terbesar dari kunjungan ini adalah agar Bandara Tuanku Tambusai dapat beroperasi secara optimal untuk meningkatkan konektivitas antar daerah dan pelayanan kepada masyarakat. Semoga langkah-langkah yang diambil dapat segera terlaksana demi kemajuan transportasi udara di Indonesia.

Turut menyambut kedatangan Menhub, Sekda Rohul Muhammad Zaki
S.STP,.M.Si, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Bandara Tuanku Tambusai, Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemkab Rohul, serta Camat Se Rohul.

Di ketahui, Bandara TuanKu Tambusai sudah berusia 42 tahun, sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1982 lalu, Bandara Tuanku Tambusai terus mengalami perkembangan dan melakukan pembenahan terkait pelayanan transportasi dan angkutan massal udara lainnya dan sejauh ini rute
penerbangan, Bandara Tuanku Tambusai melayani rute Pasir Pengaraian - Batam
dengan frekuensi dua kali dalam
seminggu.

Adapun Maskapai penerbangan yang digunakan yakni Susi Air. Selain itu, Bandara Tuanku Tambusai memiliki runway berdimensi 1.300 m x 30 m, sehingga bisa didarati oleh pesawat berjenis ATR72-500/600. Adapun luas terminal bandara ini adalah sebesar 3.630 meter persegi.(Kominfo/fauzi)***

Baca Juga :
Imigrasi Sibolga Operasi JAGRATARA Pengawasan Orang Asing Terpusat di Tapsel dan Padangsidimpuan

News Feed