oleh

Gebyar Vaksinasi Tahun 2021 Bukti Kemampuan Plt Bupati Palas Berhasil Memberdayakan Potensi SDM Pihak Terkait

-Advertorial-860 views

Penulis $ Editor : Sunardi

Plt.Bupati Zarnawi Pasaribu bersama Sekdakqb Palas dan Forkopimda meninjau pelaksanaan Vaksinasi

Padang Lawas – MitaNews.co.id | Pemerintah Kabupaten Padang Lawas telah berhasil menncapai target vaksinasi covid 19 sebanyak 71,4 %.

Posisi persentase ini diketahui atas laporan Pelaksana Tugas(Plt) Kadis kesehatan Kabupaten Padang Lawas ( Palas ) , dr Ummi Sahara Matondang pada acara Gebyar Vaksinasi Akhir Tahun 2021, di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumut, Rabu, 29 Desember 2021.

Dalam paparannya Hj.Ummi menyatakan bahwa Pemkab Palas sudah mencapsi peringakat ke 23 pencapaian vaksinasi Covid 19 dari 33 kabupaten/ kota di Sumatera Utara.

Pencapaian target ini tentu tidak terlepas dari hasil kerja keras pihak Polres Padang Lawas dan Dandim 0212/TS juga team Vaksinator dari Dinas Kesehatan bersama seluruh Puskesmas yang ada di Padang Lawas.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Palas drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM MSi dalam arahannya menyampaikan, kasus Covid-19 di Kabupaten Padang Lawas akhir-akhir ini mengalami tren penurunan yang sangat baik.

Plt.Bupati ,Sekdakab ,Kapolres Palas dan Dandim 0212/TS Mengikuti Gebyar Vaksinasi tahun 2021

Peningkatan capaian ini , lanjut Zarnawi menyatakan merupakan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan dan kegiatan 3 T yang terus dilakukan.

“Alhamdulillah, terbukti sampai hari ini target capaian Vaksinasi 71, 4 % . kita tinggal melakukan vaksinasi terhadap anak anak usia 6 hingga 12 tahun ” Kata Zarnawi.

# Zarnawi Beri Apresiasi

Dasar aktual dilakukan Vaksinasi bertujuan untuk mengurangi penularan Covid-19 dan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Vaksinasi dilakukan guna mencapai kekebalan kelompok di masyarakat dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut dibutuhkan ketersediaan vaksin Covid-19 yang cukup”.

“Saya atas nama pribadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Polres Padang Lawas dan pihak Kodim 0212/TS, terkhusus para Jajaran Manajemen PT. Victorindo Alam Lestari yang telah ikut berpartisipasi memberikan Sembako kepada Masyarakat Padang Lawas berupa minyak Goreng hampir 16 ton untuk membantu pelaksanaan dan percepatan vaksinasi di Kabupaten Padang Lawas ini,” Ungkap Zarnawi.

Pihaknya berharap Semua stocholder baik itu TNI/Polri, Pihak Perusahaan dan pihak Bank serta Masyarakat terus menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, mentaati kewajiban dan peraturan yang berlaku, tetap menjaga lingkungan serta menjalin hubungan baik dengan warga sekitar.

Piagam Penghargaan hari ini , ungkap Zarnawi kita berikan kepada pihak stocholder, baik Kepada Kapolres Padang Lawas, Dandim 0212/TS juga pihak Perusahaan serta pihak Bank, dan pihak pihak terkait .

Kemudian , kita juga membagi bagikan hadiah kepada warga yang telah divaksin sesuai nomor pemenang undian masing masing, yang akan dipanggilkan panitia.

Pantauan MitaNews, dicelah Acara Gebyar Vaksinasi Akhir Tahun tersebut, Ketua Bhayangkari Padang Lawas Ibu Indah Indra Yanitra di dampingi Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si menyerahkan bingkisan kepada Personil Pos Pengamanan Lilin Tiba 2021-2022 diwakili AIPDA Irfan Aulia Lubis di Pospam I Barumun dalam tugas pengamanan pada saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Sebelum acara gebyar akhir tahun 2021 dimulai, Plt Bupati Padang Lawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi bersama Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi dan Dandim 0212/TS Letkol INF Rooy Chandra Sihombing SIP , terlebih dahulu memantau acara pelaksanaan sentra vaksinasi Gebyar Akhir Tahun 2021.

Gelaran Vaksinasi tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Lawas bekerjasama dengan PT. Victorindo Alam Lestari Desa Hutalombang Kecamatan Lubuk Barumun, Tim Nakes Vaksinasi Covid 19 dan TNI/Polri, serta pihak Bank yang ada di Palas.

Nampak hadir pada acara tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Panguhum Nasution S.Sos MAP, Forkopimda, para Kepala OPD, Bank Sumut, Bank BNI, Bank BRI, PJU Polres Padang Lawas, Danramil jajaran Kodim 0212/TS, Kapolsek jajaran Polres Padang Lawas, Pihak Perusahaan Perkebunan diantaranya PT.Victorindo Alam Lestari, PT.PHS, PT.MAI, PT.KASS, PT.ANJ, PT.Paya Pinang, PT.Sibuah Raya, Camat Se- Padang Lawas dan pejabat terkait lainnya.

Ket Fohoto :

Plt Bupati Palas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu memberikan piagam penghargaan kepada tim Vakainasi Covid 19 di lapangan merdeka Sibuhuan, Rabu (29/12 )
Plt Bupati Palas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu memberikan piagam penghargaan kepada tim Vakainasi Covid 19 di lapangan merdeka Sibuhuan, Rabu (29/12 )

# Wartawan Juga Dapat Penghargaan

Gebyar Vaksinasi ,Rabu kemarin (29/12/2021 ) juga memveti apresiasi terhadap kinerja pelaku jurnalistik.

Prilaku menghargai karya jurnalistik ini ditandai dengan adanya pemberian penghargaan kepada wartawan tetaktip dalam menyampaikan informadi terksit gist vaksinasi di Palas.

.
Penyerahan Penghargaan itu diserahkan kepada Ibnu Sakti Nasution, salas satu wartaean yang dinilai aktip dalam menginformasikan giat Vaksinasi .

Piagam penghargaan ini diberikan langsung oleh Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi bersama Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP.

Dalam kaitan ini , Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M Si mengatakan, peran insan pers harus memiliki kepedulian yang lebih terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 melalui peran pemberitaan secara aktif yang memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Melalui peran media yang secara aktif menyajikan pemberitaan kegiatan vaksinasi dan berbagai terobosan dan upaya yang dilakukan pemerintah diberikan apresiasi penghargaan sebagai mitra pemerintah yang menjalin sinergi dengan baik,” katanya.

Kata Plt Bupati, semua Informasi perkembangan kegiatan vaksinasi sampai akhir pencapaian dapat diketahui masyarakat dengan baik sebagai edukasi yang menaril perhatian masyarakat untuk membaca beritanya.

Tentu hal inilah yang menjadi penilaian panitia Satgas Covid-19 Pemkab Palas, sambungnya, semua perkembangan informasi bisa diakses dengan cepat oleh masyarakat yang memberikan kontribusi untuk pengetahuan bagi masyarakat tentang pentingnya vaksin untuk kesehatan dan menjaga keselamatan bersama.

“Peran Media Online yang cepat dan tepat memberikan edukasi menjadi informasi penting bagi semua pihak termasuk elemen masyarakat,” ucap Zarnawi.

Jurnalis Award Covid-19 tahun 2021 yang diberikan kepada wartawan teraktip oleh Pemkab Palas ini adalah wujud apresiasi akhir tahun yang diberikan kepada wartawan dengan dedikasi terbaik sebagai informasi edukasi.

“Kriteria penilaian berdasarkan kualitas berita yang memiliki nilai edukasi yang banyak diminati masyarakat untuk membaca informasi sebagai kebutuhan publik,” tutupnya.

Plt.Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu ,Cht MM MSi dan Forkopimda Foto bersama dengan wartawan yang mendapat kategori teraktip menginformasikan giat Vaksinasi

# Plt Bupati Palas Rela Lela Monitoring Dari Desa ke Desa.

Demi mengantisipasi penyebaran Covid 19 di Palas, Plt Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si bersama Kapolres Palas,AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si, monitoring keliling desa ke desa disrmua wilayah .

Kunjungan Plt Bupati Palas monitoring ini sebagai upaya mendorong pelaksanaan vaksinasi di sentra pelayanan vaksin disejumlah desa -desa yang sedang melaksanakan vaksin.

Kunjungan , blusukan vaksinasi itu dapat dibuktikan dari hasil pantauan media ini pada Senin ( 27/12/2021 ).

Pada saat itu , Zarnawi bersana rombongan trtmasuk Kapolres Palas mengawali blusukannya i dari Desa Bangun Raya,Handis Julu, Purba Tua dan Desa Sialambue,Kecamatan Barumun.

Pada kunjungan itu Plt Bupati Palas melihat langsung dari jarak dekat pelaksanaan vaksinasi di disejumlah lokasi desa dengan pelayanan tim vaksinator Dinkes dan Poldasu.

“Kegiatan monitoring dan evaluasi keliling desa upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Palas,” kata Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si didampingi Sekda Arpan Nasution.S.Sos.

Kata Zarnawi, pemerintah akan terus mengejar target vaksinasi untuk capian 70 persen atau lebih sampai akhir tahun ini,ujarnya.

Hasil monitoring, Plt Bupati mengapresiasi para petugas vaksinator yang melaksanakan vaksinasi dengan menyesuaikan kebiasaan masyarakat setempat.

Petugas vaksinasi memang harus bisa menyesuaikan jam tugas dengan kondisi dan kebiasaan masyakat. Sebagian masyarakat berada di rumah pada sore hari sepulang kerja dari kebun atau sawah,terangnya.

“Jadi bagus juga waktu vaksinasi disesuaikan dengan jam kerja para petani supaya mereka bersedia untuk divaksin,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si menyarankan pelayanan vaksinasi selain pagi dan siang secara tetap bisa juga dilakukan sore hari yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

“Petugas diharapkan bisa mengatur jam kerja dengan sistem waktu shift untuk pelayanan vaksin,”harapnya.

Kegiatan vaksinasi secara rutin ini untuk menjangkau desa -desa terpencil agar bisa terjangkau, ujar dia kepada tim vaksinator.

“Saya harapkan pelayanan kesehatan terus aktifnya,khususnya petugas kesehatan untuk vaksinasi ini dapat mendorong pemulihan ekonomi dan bangkit dari dampak wabah Covid -19,” pungkasnya.

Keterangan Photo :Plt Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si bersama Kapolres Palas,AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si monitoring keliling vaksinasi dari desa ke desa mendorong kesuksesan program vsksin.

# Ptl Bupati dan Kapolres Selalu Berdampingan Dalam Giat Monitoring Vaksinasi Di Palas.

Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi terus menggalakan vaksinasi setiap hari tanpa mengenal hari libur secara bergiliran disemua sentra pelayanan di tingkat Desa dan Kecamatan.

“Kami pastikan bahwa tim vaksinator tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas selalu siap untuk mensukseskan program vaksinasi agar target bisa tercapai dengan maksimal,” jelas Plt Bupati Palas didampingi Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi dan Sekda Arpan Nasution SSos saat monitoring dan evaluasi pelaksanaan vaksinasi di Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun, Minggu (26/12/2021).

Sebelumnya, rombongan Plt Bupati Palas bersama Forkopimda melakukan monitoring dan evaluasi di Desa Hapung, Kecamatan Ulu Sosa bersama tim perusahaan PT Vitorindo Alam Lestari (VAL) yang ikut serta mendukung kesuksesan program vaksinasi dengan pembagian minyak goreng bagi setiap warga yang sudah divaksin.

Kata Zarnawi, target vaksinasi Pemkab Palas saat ini sudaj diangka capaian 69,36 persen. Diperkirakan sampai akhir tahun ini mencapai 70-80 persen dari total masyarakat yang tervaksinasi.

“Kita optimis sampai akhir tahun ini target pencapaian vaksinasi dipastikan akan tercapai sesuai target 70 persen atau lebih diangka 80 persen,” jelas Zarnawi Pasaribu.

Ia menambahkan, program Serbuan vaksin pemerintah dan Polres Palas ini dapat menjangkau semua lapisan masyarakat baik di tingkat Desa dan kelurahan Pasar Sibuhuan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan serbuan vaksinasi dilakukan secara rutin disemua sentra pelayanan kesehatan untuk menjangkau pemerataan vaksin.

“Sasaran vaksinasi bagi masyarakat terus gencar dilakukan untuk tujuan produktif pencapian sesuai target secara nasional,” pungkasnya.

# Bersama Forkopimda Palas, Plt Bupati Laksanakan Rapat Evaluasi PPKM dan Vaksinasi

Pencapaian target vaksinasi sebanyak 71,4 % tidak didapat tanpa perencanaan.

Capaian itu diperoleh hasil rapat koordinasi pada selasa (17/12/2021) lalu dan Rakor rakor sebelumnya.

Pada rakor ini dihadiri langsung oleh Dandim 0212/Tapsel , Kapolres Palas, Ulus Sukmara SKM Epid yang mewakili Tim satgas Covid-19 Sumut, Ketua FKUB Palas, Camat se-Kab. Palas, Danramil se-Kab. Palas, Kapolsek se-Kab. Palas serta pimpinan OPD Kab. Palas.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P menyampaikan bahwa, langkah vaksinasi massal yang dilakukan merupakan langkah yang sangat baik dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kab. Palas dan harus benar-benar diawasi dengan baik dalam proses pelaksanaannya

“Seluruh masyarakat di Kab. Palas harus benar-benar lebih menegakkan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, serta mari bersama kita mensosialisasikan dan mendukung program pemerintah pusat dalam upaya vaksinasi yang sudah kita laksanakan selama ini, sehingga target 70% tervaksin masyarakat Kab. Palas sampai akhir tahun ini dapat tercapai,” ungkap Dandim

Dalam rapat lintas sektoral tersebut juga dilaksanakan penandatanganan pakta integritas percepatan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi covid-19 yang dilakukan oleh Kepala Puskesmas se-Kab. Palas

Melalui rapat koordinasi lintas sektoral untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 Kab. Palas, Letkol R.C Sihombing mengajak kita bersama untuk saling bersinergi dan terus menjalin koordinasi sehingga tujuan untuk mensukseskan program vaksinasi massal terhadap masyarakat Kab. Palas dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan

“Kita harus bekerjasama seluruh komponen untuk penanggulangan Covid-19, karena ini merupakan tugas mulia dimana dalam menjalankan nya diperlukan keikhlasan dan kesabaran yang tinggi dalam melaksanakannya,” pungkas Dandim ( sunardi ).

Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P memberi sambutan pada Rakor Sektoral percepatan Vaksinasi Covid 19 di
Ruang rapat Hotel Almarwah Kec. Barumun Kab. Palas, Selasa (07/12/2021)

News Feed