oleh

Gubsu Kunker ke Pemkab Palas , ini Realisasi Agenda Kegiatannya

-Advertorial-286 views

Padang Lawas.Mitanews.co.id | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis disambut Plt Bupati Padang Lawas (Palas) drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si, bersama Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, OKP IPK Palas, di Hotel Syamsiah, Jalan Surapati Banjar Raja Ujung, Psr Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kamis (13/10/2022).

Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM.M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubsu, Ketua TP PKK Sumut, dan seluruh rombongan.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati berharap semoga Gubsu akan selalu memberikan perhatian kepada Kabupaten Padang Lawas.

# Sambut Hangat

Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si menyambut kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi di Hotel Syamsiah, Banjar Raja Sibuhuan, Kamis (13/10/2022).

Mengawali kegiatan dengan olahraga jalan pagi dan menyapa warga, hingga menyerahkan bantuan benih kepada para petani. Gubernur pun berharap Palas menjadi daerah mandiri pangan dan kembali jadi sentra penghasil ternak sapi.

Gubsu Edy Rahmayadi bersama Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si dan seluruh unsur Forkopimda dan Pimpinan OPD melakukan olahraga berasama dengan berjalan kaki sejauh 7 Km

Kedatangan Gubernur Edy Rahmayadi pun disambut antusias dan hangat oleh masyarakat Palas .Hal itu terlihat dari ramainya masyarakat yang menunggu di sepanjang Jalan Sudirman, Sibuhuan, Kabupaten Palas, yang dilalui rombongan Gubernur bersama Forkopimda dan OPD Sumut saat jalan santai, Jumat (14/10) pagi. Bahkan tidak sedikit warga yang meminta foto bersama Gubernur.

Edy Rahmayadi pun berpesan kepada Plt Bupati Palas, agar daerah ini dikembalikan menjadi sentra penghasil ternak sapi. Karena, berdasarkan sejarah, nama dari Padanglawas (Padang yang luas) yang ditetapkan Belanda pada masa penjajahan dahulu difungsikan sebagai daerah peternakan untuk menghasilkan daging dan susu sapi

Dengan kembali menjadi daerah sentra penghasil sapi, kesejahteraan masyarakat Palas juga diharapkan terus meningkat. "Kalau sekarang kita lihat sudah kebun sawit hampir keseluruhan. Tapi saya minta untuk peternakan juga harus digalakkan di daerah ini, sebagaimana sejarah dari nama ini dahulu zaman Belanda," katanya.

Selain peternakan, Edy Rahmayadi juga berharap Palas bisa mandiri dalam hal ketahanan pangan, di antaranya jagung, beras, cabai merah, cabai rawit dan lainya. Update data terbaru, hasil komoditi di Palas yakni cabai rawit -69%, cabai rawit -37%, bawang merah -99%, bawang putih defisit. Sedangkan komoditas peternakan defisit daging ayam -89%, dan susu defisit 100%.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melaksanakan penanaman bibit cabai merah di lahan pertanian Dinas Pertanian, Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumua, Kabupaten Padang Lawas, Jumat (14/10/2022).

Pemkab Palas Komit Interprestasi Menuju Agraris

Mewujudkan Visi Misi Beriman cerdas sejahtera dan berbudaya ( Bercahaya) Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) PadangLawas ( Palas ) komitmen untuk.

menginterprestasi kunjungan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi,

Komitmen itu implementasi dari hasil kunjungan berikut harapan Gubsu kepada Palas agar menjadi daerah mandiri pangan dan kembali jadi sentra penghasil ternak sapi.

PLT Bupati Palas Sambut dan Ulosi Gubsu dan Ketua TP PKK Sumut

Plt Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si dan Plt.TP PKK Kab. Palas Ny. H. Emma Nurul AZP menyambut dan mangulosi Gubsu dan Ketua TP PKK Provsu Ny. H. Nawal Edy Rahmayadi setibanya di GOR Bercahaya.

Sebelum memulai pertemuan di GOR Bercahaya, Gubsu dan Ketua TP PKK meninjau pelaksanaan imunisasi Tetanus Diphteria Diphteria tetanus (TD Dt) Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) sekaligus Pemberian Makanan Tambahan puding ekstrak daun kelor (PMT keloria) untuk stunting, Pemberian Suplemen tambahan bagi anak sekolah dan alat alat kesehatan untuk puskesmas.

Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si bersama Ketua DPRD Palas Amran Pikal S.SosI ulosi Gubsu Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis

Palas Dapat Alokasi Rp170 Miliar untuk Infrastruktur Jalan

Mendapat alokasi dana Rp170 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), Plt Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan jalan dengan total panjang sekitar 30 Km.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur yang telah mengalokasikan Rp170 miliar hanya untuk jalan saja, karena jalan yang layak memang sangat kami butuhkan," kata Ahmad Zarnawi Pasaribu di acara pertemuan Gubernur Sumut dengan Camat, Kepala Desa, guru dan OPD Kabupaten Palas, Jumat (14/10) di Gedung Serbaguna Palas.

Setidaknya ada delapan ruas jalan di Palas yang masuk dalam proyek Multi Years Contract (MYC) Pemprov Sumut. Antara lain Jalan Sibuhuan-Penyabungan 6 Km, Binanga - Aek Nabara Tonga 2,2 Km, Ujungbatu - Batas Riau 3,4 Km, Sibuhuan - Ujungbatu 3,6 Km, Paringgonan - Sibuhuan 1,6 Km, Sihaporas (batas Paluta) - Paringgonan 6,3 Km, Aek Nabara Tonga - Sibuhuan 4,5 Km, Aliaga - Muara Tige.

Batas Riau 4,5 Km. Juga akan dilakukan pembangunan 3 box culvert di ruas jalan Sihaporas - Paringgonan. Ada juga pembangunan jembatan, dan gorong/drainase sepanjang 4 Km.

Perbaikan jalan, menurut Edy Rahmayadi, akan memberikan dampak besar pada perekonomian suatu daerah. Walau begitu, Edy Rahmayadi juga meminta dukungan semua pihak agar proyek perbaikan infrastruktur jalan di Palas sukses dan lancar.

"Kita ingin masyarakat bisa menikmati jalan yang layak, itu juga akan mengurangi cost distribusi barang/jasa, yang akan meningkatkan perekonomian kita, makanya itu harus sama-sama kita dukung," kata Edy Rahmayadi pada acara tersebut didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis.

Edy Rahmayadi juga memberikan motivasi terutama kepada Kepala Desa yang hadir untuk memaksimalkan Dana Desa. Mendorong Kepala Desa agar lebih kreatif dan inovatif membimbing masyarakatnya untuk lebih maju.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bertemu dengan para Camat, Kepala Desa, guru dan OPD Kabupaten Palas, dalam rangka kunjungan strategis daerah, Jumat (14/10) di GOR Bercahaya Palas.

"Ayo Pak Kepala Desa, kalian setiap tahun dapat anggaran, maksimalkan, efektif, kalau kalian bikin mantap desa kalian datang aku ke sana, saya tambahi uang kalian, tak perlu berebut ke kota, tapi harus ada kehidupan lebih baik di desa. Camat juga harus ikut, bantu desa-desanya," kata Edy Rahmayadi sembari menunjukkan video desa-desa maju di Jawa.

Edy Rahmayadi juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat setempat, alat pertanian, paket kesehatan dan alat kesehatan untuk Puskesmas Puskesmas pembantu.

Turut hadir di acara ini beberapa OPD Pemprov Sumut seperti Plt Kadis Kominfo Ilyas Sitorus, Plt Kabiro Kesra Baharuddin Siagian, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Bambang Pardede, Kadis Sosial Basarin Yunus Tanjung, serta OPD terkait lainnya. Hadir juga Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos dan OPD terkait, tokoh agama, masyarakat, pendidikan dan budaya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi evaluasi raport kinerja pimpinan OPD di jajaran Pemkab Padang Lawas (Palas) saat kunjungan kerja ke daerah tersebut, Jumat (14/10/2022).

Evaluasi raport kinerja pimpinan OPD disampaikan Gubsu saat pertemuan dengan seluruh pimpin OPD dan Camat se Kabupaten Palas di GOR Bercahaya Palas.

Gubsu menilai, kinerja yang diraih pimpinan OPD di Kabupaten Palas masih sangat rendah dibangdingkan daerah Kabupaten lainnya.

Ia berharap, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Palas lebih meningkatkan kinerjanya, sehingga Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang masih rendah dapat diperbaiki dan ditingkatkan lagi.

Gubsu Edy Rahmayadi juga meminta Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si terus melakukan evaluasi raport kinerja pimpinan OPD dalam waktu enam bulan sekali agar dapat diketahui indeks capaian mana yang harus diperbaiki.

"Hasil evaluasi kinerja ini sangat penting dalam mendorong keberhasilan Pemda untuk berkembang dan maju. Bukan sebaliknya tidak memiliki prestasi kerja yang baik," pesan Gubsu mengingatkan Plt Bupati dan Sekda.

Menurut Gubsu, semua pimpinan OPD mempunyai kewajiban untuk menyampaikan hasil kinerja yang menjadi penilaian prestasi dalam mendapat insentive atau bonus dari kinerjanya.

"Capaian kinerja dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sangat berdampak bagi prestasi daerah untuk mencapai kemajuan yang lebih baik," tegas Gubsu.

Selain itu, sambung Gubsu dengan dilaksanakan evaluasi kinerja pimpinan OPD ini, tentu akan diketahui hasilnya apakan mendapat penilaian A, B, C atau D sesuai hasil raport penilaian dari pemerintah pusat.

"Saya berharap daerah Kabupaten Palas dapat memperlihatkan peningkatan kinerja dengan baik setelah pertemuan ini, untuk terus berbenah untuk lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Karena itu, sambung Gubsu, pemerintah kabupaten/kota diharapkan lebih serius dalam bekerja dalam mencapai prestasi kerja yang menjadi harapan masyarakat didaerah Kabupaten Palas.

"Rendahnya hasil kinerja masing-masing OPD akan sangat berimplikasi terhadap pembangunan kemajuan daerah karena data hasil raport kinerja ini akurat sesaui penilaian pemerintah pusat," tambahnya.

Gubsu berharap, jadi momentum pertemuan ramah tamah ini untuk menjadi motivasi dalam peningkatan kinerja yang memberi kontrubusi dalam mendorong kemajuan pembangunan daerah yang lebih baik.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi evaluasi raport kinerja pimpinan OPD di jajaran Pemkab Padang Lawas (Palas) saat kunjungan kerja ke daerah tersebut, Jumat (14/10/2022).

Dihadapan Camat, Kades dan Guru, Edy Rahmayadi Ingatkan Jalin Silaturrahim

Padang Lawas.Mitanews.co.id | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi berpesan kepada para Camat, Kades dan Guru untuk tetap menjalin silaturrahim terlepas dari perbedaan cara pandang dan kepentingan masing-masing.

Pesan tersebut di sampaikan Gubsu Edy Rahmayadi dalam pertemuan dengan camat dan Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Padang Lawas (Palas) - Padang Lawas Utara (Paluta) sekaligus pertemuan dengan Kepala Sekolah SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua di Gelanggang Olahraga (GOR) Bercahaya Sibuhuan, Jum'at (14/10/2022).

"Jangan hanya karena perbedaan pendapat dan pandangan politik, hubungan silaturrahim jadi terputus", terang Gubsu.

Saya juga berpesan kepada seluruh Pimpinan OPD, Camat, kepala desa dan seluruh ASN, aparatur desa agar tidak terlibat politik praktis.

Kemudian Gubsu meminta agar seluruh masyarakat Padang Lawas bersatu, mempererat rasa persaudaraan, menjalin silaturrahim untuk memanjangkan umur dan meluaskan rezeki.

Pada kesempatan tersebut Gubsu Edy Rahmayadi juga mengingatkan ASN dan Aparatur desa agar bekerja sesuai aturan, senantiasa menanamkan sifat jujur, menumbuhkan rasa kasih sayang diantara sesama dan memupuk loyalitas bawahan kepada atasan.

Kades merupakan pejabat pemerintahan Desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk itu diharapkan kepada Kades untuk benar benar memimpin demi kemajuan Desanya masing-masing.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Padang Lawas Amran Pikal, S.SosI dan sejumlah anggota DPRD, Forkopimda, Jajaran pimpinan OPD Provsu, Sekdakab. Palas Arpan Nasution, S.Sos, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa lingkup Pemkab Padang Lawas, Camat dan Kepala Desa lingkup Pemkab Padang Lawas Utara, Kakan Kemenag Padang Lawas, Pimpinan Cabang PT. Bank Sumut Sibuhuan, Ketua MUI, tokoh agama, Para pemangku adat Kabupaten Padang Lawas, tokoh pemuda dan ormas.(Sunardi dan Faisal Hidayat)

Baca Juga : HUT ke 58, Partai Golkar Palas Gelar Jalan Santai

News Feed