oleh

Guna memotivasi Karyawan KEBUN PTPN IV MARIHAT TERAPKAN ” BUDAYA NGUPI “

Simalungun.mitanews.co.id | Unit Kebun PTPN IV  Marihat  menerapkan budaya ” ngupi ”  (ngumpul pagi ) sebagai upaya memotivasi  kinerja karyawan guna meningkatkan capaian produktivitas yang  maksimal  sebagaimana  termaktub dalam motto  ”  AKHLAK  “. (  Amanah,   Kompeten, Harmonis , Loyal  Adaptif , Kolaboratif  ).

Budaya  “Ngupi ”  diterapkan sesuai Surat Edaran Direktur Utama  Sucipto  Prayitno keseluruh  Unit Usaha dilingkungan PTPN IV. , guna memotivasi kinerja seluruh karyawan agar lebih  bersemangat melaksanakan tugas rutinitas , ujar Manajer Unit Kebun Marihat Bernad Purba didampingi  Ass SDM Indra  Gunawan ,  Kamis  30/07/21 di ruang kerjanya
     
Melalui   Budaya  ” ngupi ” juga berdampak positif terhadap iklim kebersamaan satu dan lainnya, sehingga tumbuh  “sense of belonging ”   (rasa memiliki) pada perusahaan sebagai sumber kehidupan, imbuh Manajer yang baru sebulan memimpin di Kebun Marihat itu.
     
Kebun Marihat memiliki luas areal konsesi 4.413.66 Ha  dan terbagi 6 Afdeling , tentu akan sulit untuk diawasi, tetapi melalui upaya pendekatan yang dilakukan dengan berbagai fihak , seperti Kepala Desa, tokoh tokoh masyarakat  dan steack holder ,  mudah2 an semuanya aman dan terkendali. Hal ini dibuktikan dengan tingkat losis buah TBS menurun drastis. Ujar. orang nomor satu di Kebun Marihat itu.
     
Bernard HS Purba yang sebelumnya menjabat  Manajer Kebun Bukit Lima, dinilai sejumlah karyawan sebagai sosok yang  “low profile ”  , ini terlihat dari keseharian nya yang kerap berbaur dengan karyawan dilapangan. Bahkan sesekali turut menyaksikan karyawan saat mendodos TBS ( tandan buah segar ) kelapa sawit dan ikut membantu  patroli ke lapangan bersama  petugas keamanan kebun. Sehingga tidak heran jika, ia cepat dikenali seluruh karyawannya  di Kebun Marihat.
    
Mendukung program pemerintah daerah, kebun PTPN IV  Marihat turut berpartisipasi aktif melaksanakan ” Haroan  Bolon ” ( gotong royong ) mengatasi masalah banjir dengan membangun sodetan di hulu sumber limpahan curah air, melaksanakan kebersihan lingkungan dan PTPN IV   peduli pada percepatan pembangunan  jembatan yang  ambruk hampir setahun lalu di Afd 3, dengan melaksanakan pengerjaan jalur untuk mengalir lintasan air,  sehingga tidak lagi  melintasi bawah jembatan tetapi dialihkan  ke sungai Andrasi ..  
      
Menyikapi situasi  Pandemi Covid 19 di Kebun Marihat, pihaknya telah menginstruksi semua karyawan dan keluarganya untuk  mematuhi protokol kesehatan. ( Memakai Masker, Membasuh Tangan dan Menjaga jarak ) Dan sudah  97 persen karyawan telah divaksinasi . Meski telah di vaksinasi, namun pengawasan protokol kesehatan dilingkungan Kebun , tetap dilakukan, ujar Bernard Purba yang diamini Asisten SDM Indra Gunawan.
       
Bukti lain tambah Indra Gunawan, untuk perayaan HUT 17 Agustus  2021 , tidak ada lagi kerumunan massa , seperti  ” panjat pinang ” dan lainnya hanya senam kesehatan yang diadakan. Karena dalam situasi Pandemi Covid 19 ini, diperlukan kebugaran tubuh agar sehat dan imunitas tubuh lebih baik lagi. Dan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI tahun 2021  melalui Virtual , tambah Indra Gunawan yang tak lama lagi mutasi  dalam jabatan yang sama di  Kebun Dolok Sinumbah.ungkap nya. (ep)

Baca juga : Ketua Kadim Batubara Bangunkan Sumur Bor dan Aliran Listrik Rumah Nenek Ulung dan Mariam di

Komentar

News Feed