oleh

Hasil Seleksi Panwascam Existing di Kota Binjai Diduga Tak Transparan

-Daerah-358 views


Hasil Seleksi Panwascam Existing di Kota Binjai Diduga Tak Transparan

BINJAI.Mitanews.co.id ||


Penyelenggaraan seleksi anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Existing di Kota Binjai diprotes, Proses seleksi hingga penetapan calon terpilih tersebut dinilai hanya berdasarkan suka dan tidak suka

Sebanyak 15 orang Panwaslu Existing terdiri dari 5 Kecamatan Se-kota Binjai, mengikuti seleksi test melalui Essay dan penilaian evaluasi kinerja dilaksanakan 27 April 2024 di STMIK kaputama binjai.

Peserta Existing yaitu peserta yang yang berasal dari anggota Panwaslu Kecamatan yang saat ini telah atau sedang melaksanakan tugas pada pengawasan, Pileg dan Pilpres pada 14 Februari 2024.

Seperti dikeluhkan Ananda Ratu Tia S.Hut terkait keputusan Bawaslu Binjai dalam seleksi Panwaslu Existing yang diduga tidak jelas.

Dia mengaku mendaftar sebagai anggota Panwaslu Kecamatan Binjai Selatan melalui Existing. Iya lolos seleksi administrasi lalu mengikuti tahapan seleksi Essay dan penilaian evaluasi kinerja.

"Ya menurut saya penilaian kinerja Bawaslu Binjai terhadap saya ini hanya berdasarkan suka dan tidak suka, bukan karena kinerja saya selama menjabat sebagai Ketua Panwaslu Kecamatan Binjai Selatan," ucap Ananda

Padahal, menurut dia penilaian evaluasi kinerja seperti apa yang mereka lakukan kita tidak tahu.

"Dan kalau penilaian kinerja saya di Panwascam tidak baik, sementara Binjai Kota yang jelas-jelas kena sanksi etik tapi masih dilanjutkan," beber Anada Ratu Tia mantan Ketua Panwaslu Kecamatan Binjai Selatan pada Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024 lalu.

Iya menilai, tes soal Essay yang dikerjakan melalui Google Form secara serentak, dan hasil nilai tidak di tunjukan kepeserta.

"Hasilnya tidak ditunjukan nilai akhirnya, penilaian nya langsung yang lulus saja," katanya.

Masih kata Ananda, bahwa pada saat perekrutan PTPS sempat ada penekanan untuk meluluskan titipan dari mereka, kalau tidak bisa diakomodir akan dievaluasi, sementara tidak semua bisa diluluskan.

"Saya berfikir itu penyebab tidak diluluskannya sebagai Panwaslu Kecamatan kembali," ujarnya kepada wartawan Kamis 23 Mei 2024

Sementara itu, Hotma Maringan Samosir yang juga pernah bertugas sebagai Staf PNS yang di perbantukan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Binjai Selatan mengatakan kinerja Ananda Ratu Tia sangat bagus amat responsif.

"Kinerja ibu Ananda Ratu bagus amat responsif terhadap berbagai perkembangan dan dinamika masyarakat sehubungan dengan Pemilu," ucap Hotma kepada awak media

Masih kata Hotma, ibu Ananda Ratu Tia yang juga Ketua Panwaslu Kecamatan Binjai Selatan pada Pileg dan Pilpres 2024 lalu, ia juga memilki kepedulian terhadap upaya peningkatan kinerja.

"Ibu Ananda juga memiliki kepedulian terhadap berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas kinerja Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, secara berkelanjutan dan sistematis serta mengikuti penilaian yang objektif," tutur hotma

Terpisah, Ketua Bawaslu Kota Binjai Muhammad Yusuf Habibi, yang juga sebagai Ketua Kelompok Kerja (Pokja) seleksi Panwaslu Existing saat di konfirmasi wartawan via pesan WhatsApp hingga berita ini diturunkan belum menjawab konfirmasi.(mn.20)***

Baca Juga :
Ketua HNSI Serahkan Berkas Pendaftaran Balon Wakil Bupati Sergai

News Feed