oleh

Ombudsman : Disdukcapil Sidimpuan sudah bisa Zona Hijau

PADANGSIDIMPUAN- mitanews.co.id | Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar mengatakan, Dinas Kependudukan dan Catan Sipil (Disdukcapil) Sidimpuan sudah bisa zona hijau.

Sedangkan Pelyanayan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kota Padangsidimpuan masih kategori zona kuning.

Hal itu dikatakan Abyadi Siregar saat meninjau Disdukcapil dan PTSP Kota Padangsidimpuan usai memberi materi dan kisi-kisi tentang standar kepatuhan pelayan publik kepada OPD di Lingkungan Pemko Padangsidimpuan.

“Untuk Disdukcapil sudah bisa dapat predikat hijau. Tapi untuk PPTSP belum, masih di predikat kuning,” ujar Abyadi.

Abyadi menjelaskan, banyak yang bertanya meski sudah diberikan predikat zona hijau, namun masih ada yang melaporkan ketidakpuasan.

“Walaupun atributisasi pelayanan sudah lengkap, namun belum tentu untuk pelaksanaannya. Apa sudah sesuai dengan yang ada. Misalnya, dibuat gratis, namun masih ada pembayaran. Nah itu bisa menjadi penilaian lagi, terkait dengan kualitas pelayanan,” jelas Abyadi.

Abyadi menuebutkan, untuk Kota Padangsidimpuan, pihaknya mendorong agar dimulai dari atributisasi pelayanannya lebih dulu.

Jika itu sudah baik, kata Abyadi, maka akan dilihat kembali dengan pelaksanaannya. Dan Standar pelayanan publik di Pemerintahan kabupaten/kota berada di masing-masing OPD-nya.

“Untuk Kota Padangsidimpuan kita dorong dulu untuk atributisasi dan standar pelayanannya. Jika itu sudah baik atau mendapat predikat zona hijau, baru kemudian kita nilai pelaksanaan atau kualitas pelayanannya,” pungkas Abyadi. (mn.09).

Baca Juga : Kapolres Batubara Salurkan Bansos Kapoldasu Untuk Warga Desa Perupuk

Komentar

News Feed