oleh

Keseruan Dibalik HBI ke-73 Tahun 2023, Kantor Imigrasi Sibolga Lepaskan Balon ke Udara dan Berikan Penghargaan

-Daerah-769 views

SIBOLGA.Mitanews.co.id | Dengan tema “Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju”, Kantor Imigrasi Sibolga menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 Tahun 2023, yang dipusatkan di Halaman Kantor Imigrasi Sibolga, Sumatera Utara, pada Kamis (26/01/2023).

Hari Bhakti Imigrasi (HBI) merupakan peringatan dalam rangka mengenang sejarah panjang perjalanan pembentukan lembaga kemigrasian di Indonesia. Dimana hal tersebut dimulai sejak pemerintah Hindia Belanda menyerahkan jawatan keimigrasian kepada pemerintah Indonesia pada tanggal 26 Januari 1950, dan diperingati setiap tahunnya hingga saat ini.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly dalam sambutannya pada peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 Tahun 2023 yang dibacakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Dr.Saroha Manullang, S.E., MM, selaku Pembina Upacara yaitu terkait agenda pembangunan nasional yang menekankan pada pengembangan SDM dan peningkatan ekonomi nasional menjadi salah satu yang akan menjadi prioritas bagi Imigrasi untuk dapat segera diwujudkan melalui berbagai inovasi dan kebijakan. 

"Selain itu diharapkan Imigrasi dapat memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor-investor asing melalui Golden Visa dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi dan terintegrasi," kata Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Sibolga  Dr.Saroha Manullang, S.E., MM 

Selain itu, Menteri Hukum dan HAM RI juga berpesan kepada seluruh insan Imigrasi untuk tetap patuh dan teguh dalam menjalankan fungsi yang diemban.

"Jadikanlah pekerjaan yang dijalani sebagai ibadah yang dipertanggungjawabkan," pesan Yasonna H Laoly kepada insan Imigrasi.

Untuk diketahui, upacara peringatan HBI ke-73 tahun 2023 ini sedikit berbeda dibanding tahun 2022 lalu.

Tahun ini, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga dan para undangan diantaranya Forkopimda Sibolga-Tapanuli Tengah, yakni Dandim 0211 Tapanuli Tengah, Kapolres Sibolga, Kapolres Tapanuli Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Sibolga, Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga, Danlanal Sibolga, Perwakilan Korem 023/Kawal Samudera.

Selain itu, upacara peringatan HBI ke-73 tahun 2023 ini juga turut dihadiri oleh Kepala Satker Kemenkumham wilayah Sibolga-Tapanuli Tengah, serta Dharma Wanita Persatuan, Purna Bhakti Imigrasi Sibolga, dan undangan lainnya.

Peringatan HBI kali ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada para pegawai serta instansi yang berkolaborasi terkait penegakan hukum keimigrasian “Pro Justisia” yang pertama kali dilakukan sejak berdirinya Kantor Imigrasi Sibolga pada tahun 1969 yang diawali sebagai Pos Imigrasi Sibolga.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan surat keputusan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara. 

Adapun instansi penerima penghargaan dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara antara lain, Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga Irvan Paham PD Samorsir, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Sibolga Lenny Lasminar S, S.H., M.H., Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., SIK., MM, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma, SIK, Dandim 0211 Tapanuli Tengah Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.IP, dan Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas M.Tr Opsla.

Selain itu, pada peringatan HBI di Kantor Imigrasi Sibolga diputarkan video ucapan selamat Hari Bhakti Imigrasi dari Kepala Daerah di wilayah kerja Imigrasi Sibolga, diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal, Bupati Tapanuli Selatan, Plt. Bupati Padang Lawas, serta OPD dan Kepala Instansi pemerintahan dari daerah yang menjadi wilayah kerja Imigrasi Sibolga yang meliputi 12 kota/kabupaten kota di Sumatera Utara.

Setelah upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara yang menambah keseruan pada acara peringatan HBI ke-73 di Kantor Imigrasi Sibolga. Kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng, ramah tamah bersama seluruh undangan yang hadir.

Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 “Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju”.(MN.16)

Baca Juga : Bupati Dan Wabup Cetak Gol, PS Sergai Ungguli PS Sei Rampah

News Feed