oleh

Ketua YKI Sumut Lakukan Kunjungan ke Asahan

-Daerah-1,207 views

ASAHAN.Mitanews.co.id | Ketua Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut) Hj Nawal Edy Rahmayadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Asahan, untuk melaksanakan roadshow cegah kanker di Sumatera Utara.

Kunjungan ini diterima Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus dan DWP Kabupaten Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Jum’at (26/05/2023).

Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan Ny Nuraisyah Rahmat Hidayat mengatakan Kabupaten Asahan telah melakukan berbagai upaya dalam mensosialisasikan dan menyebarkan informasi, terkait upaya dalam mencegah kanker, melalui pertemuan dengan TP PKK Kecamatan, dilanjutkan sampai ketingkat desa dan para kader dasawisma.

“Beberapa Kecamatan bahkan membuat inovasi dalam mensukseskan program dan mencegah kanker di Kabupaten Asahan, dengan melakukan pelayanan di setiap fasilitas yang sudah terjadwal setiap minggunya,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua YKI Sumut menerangkan kanker adalah sel dalam tubuh yang tumbuh tidak normal. “Sebenarnya kanker itu dapat diobatin, banyak masyarakat yang tidak tahu karena kurangnya sosialisasi ke masyarakat,” ucapnya.

Nawal berharap, semua pihak maupun Kader PKK selalu menjadi corong buat menyampaikan kepada masyarakat, terutama kepada ibu-ibu yang ada di Asahan tentang penyakit kanker. “Penyakit kanker harus ditangani dengan serius dan diobati secara medis,” tegasnya.

Menurut Nawal selain pola hidup sehat, upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, juga berperan penting mengurangi risiko terserang kanker. Jadi dengan Gerakan PHBS dan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan mengurangi tingkat kematian akibat kanker, karena pengobatan dan pencegahan telah dilakukan sedini mungkin.

Turut hadir Sekretaris YKI Sumut, Kadis Kesehatan Provsu, Kadis Kesehatan Kabupaten Asahan, DWP dan PKK Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya. (TAMIN)

Baca Juga :
Bupati Asahan Mengikuti Wisuda Tahfidz Qur’an Angkatan Ke-III Sekaligus Pelepasan Santri

News Feed