oleh

Komisi IV DPRK Abdya Respons Cepat Keluhan Warga Manggeng, Minta Evaluasi Sistem Rujukan

-Daerah-136 views

Komisi IV DPRK Abdya Respons Cepat Keluhan Warga Manggeng, Minta Evaluasi Sistem Rujukan

ABDYA.Mitanews.co.id ||


Komisi IV DPRK Aceh Barat Daya merespons cepat keluhan masyarakat terkait lamanya proses rujukan dari UPTD Puskesmas Manggeng menuju Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Abdya yang disebut mencapai hingga satu bulan.

Ketua Komisi IV DPRK Abdya, Sardiman alias Tengku Panyang, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan masyarakat dan langsung melakukan komunikasi awal dengan Dinas Kesehatan serta manajemen RSUTP untuk meminta penjelasan.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi ini. Pelayanan kesehatan adalah hak dasar masyarakat dan tidak boleh terhambat oleh persoalan teknis. Jika benar warga menunggu sampai sebulan, maka ini harus segera dievaluasi,” tegas Sardiman, Sabtu (9/11/2025).

Ia menekankan bahwa aksi cepat diperlukan karena keterlambatan rujukan dapat berisiko menghambat penanganan pasien yang membutuhkan pemeriksaan spesialis.

“Komisi IV akan segera memanggil pihak Puskesmas Manggeng, Dinas Kesehatan, dan BPJS Kesehatan untuk meminta klarifikasi resmi. Tidak boleh ada masyarakat yang dirugikan,” ujarnya.

Sardiman juga menyoroti persoalan kuota yang disebut-sebut menjadi penyebab antrean rujukan menumpuk.

“Jika persoalan ini berkaitan dengan keterbatasan kuota atau tenaga medis di RSUTP, maka pemerintah daerah harus turun tangan. Jangan biarkan masyarakat menunggu tanpa kepastian,” tambahnya.

Komisi IV DPRK Abdya berkomitmen mengawal persoalan ini hingga tuntas dan memastikan masyarakat kembali mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan tepat waktu.

“Kami akan memantau perkembangan hingga ada solusi konkret. Pelayanan kesehatan harus berjalan sesuai aturan dan mengutamakan kepentingan masyarakat,” tutup Sardiman. (Ali)***

Baca Juga :
Kasubdit Pemberdayaan BNPT RI Apresiasi FKPT Sumut

News Feed