oleh

Lahan Taman Nasional Tesso Nilo Kebakaran

Pelalawan. Mitanews.co.id | Lahan taman Nasional Tesso Nilo ( TNTN ) Desa Bagan Batu Kec.Ukui Kab.Pelalawan Prov.Riau Kebakaran, Minggu (04/07/2021 ).

Ketua Masyarakat Peduli Api( MPA) Bagan Limau Zulkarnaen Harahap memaparkan, kebakaran lahan Hutan TNTN ini terjadi Sabtu 5-Juni-2021, sekitar Pukul 19.58 Wib.

Setelah menfetahui informasi bahwa lahan hutan TNTN dari anggota pekerja ,Sutikno, pihaknya langdung ke lokasi.

Sesama di lokasi, lanjut Zulkarnain menerangkan bersama pihak MPA Zulpan Efendi, Muri, dari orang yang ada dikawasan TNTN, beserta PT. Sarbi pak Juneri dan anggotanya, melakukan pemadaman kebakaran dibantu oleh anggota konservasi pak Rama.

Sedangkan pekerja anggota oknum dewan Sunardi tidak ada untuk bantu melakukan pemadaman api tersebut.

” Penyebab kebakaran tersebut merupakan dampak baru dihimas dan disemprot oleh anggota pak Sunardi, dan lahan itu tidak dijaga oleh anggota Sunardi” tegas Zurkanaen.

Selama lahan tersebut belum diklaim oleh Sunardi tidak pernah terjadi kebakaran,tambahnya.

” intinya , dampak adanya aktivitas mengimas, menyemprot lahan tersebut, makanya terjadi kebakaran ” .ungkap Zulkarnain.

Luas kebakaran lahan hutan TNTN tersebut, sekitar kurang lebih 1 hektar .Api baru dapat dipadamkan sekitar 3 jam lebih.

” Berkat kerjasama tim MPA bersama tim Pak Rama, PT. Sarbi yang dipimpin oleh Pak Juneri dan anggotanya maka kami dapat memadamkan lahan konservasi TNTN tersebut” tutup Zulkarnaen.

Akibat kebakaran lahan hutan TNTN, tanaman kehidupan yang diberikan BPDAS( Balai Penggelola Daerah Aliran Sungai) habis dilalap sijago merah.

” Sirsak,Jambu Bol, Mangga, Klengkeng semua habis ” , Untuk kerugian sementara belum dapat diperhitungkan.

Oknum anggota dewan, Sunardi ketika dikonfirmasi melalui Aplikasi WA mengenai kebenaran kebakaran lahan TNTN yang diklaimnya membenarkan dan sudah ditangani oleh Polisi bang.

Ditanya terkait anggota nya tidak ikut proses pemadaman api
, Sunardi balas melalui wa, anggotanya selalu aktif menunggui sawit.

” Persoalan ini sudah ditanggapi Polisi bang, mintalah informasi sama mereka biar netral dan akurat”. tutupnya.

Ketika awak media komfirmasi dengan bhabinkamtimas, Rudi melalui aplikasi wa dan telepon saluler, belum ada komentar sampai berita ini dilansir. (Davidson).

Baca juga : PTPN3 DLAB-2 SALURKAN CSR PADA DESA SEPUTARAN

Komentar

News Feed