oleh

MAHASISWA KKN 147 AJAK MASYARAKAT KEUDE KRUENG OLAH LIDI DAN SABUT KELAPA

-Peristiwa-840 views

Mitanews.co.id-ACEH,-

Mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) kelompok 147 mengajak masyarakat membuat olahan dari lidi dan sabut kelapa yang bernilai ekonomis di gampong keude krueng, kecamatan kuta makmur, aceh utara, senin (13/11/2023).

Selama hampir sebulan mahasiswa kkn kelompok 147 berada di gampong keude krueng, mereka melakukan observasi mengenai potensi lokal gampong tersebut. Hasil dari observasi yang dilakukan mahasiswa kkn 147, ada banyak pohon kelapa yang tumbuh subur di gampong keude krueng.

Di gampong keude krueng belum ada olahan kreatif dari kelapa, masyarakat hanya menjual hasil panen kelapa kepasar. Maka mahasiswa kkn 147 mengusulkan ide untuk membuat olahan dari lidi dan sabut kelapa. Bagus Maulana Nasution sebagai salah satu anggota kelompok menjelaskan apa saja olahan yang dibuat dari lidi dan sabut kelapa.

”untuk olahan lidi kelapa kami membuat piring anyaman & olahan dari sabut kelapa kami membuat pot bunga anggrek, dan untuk bahan pembuatannya kami kumpulkan dari kebun milik warga desa” ujarnya.

Melly Andria & Sastri Wahyuni Sembiring menerangkan bagaimana cara membuat serta apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan piring anyaman & pot bunga anggrek kepada warga desa. Sementara itu bagus maulana nasution juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat gampong keude krueng dan menjadikan sampah kelapa yang terbuang sia-sia menjadi barang bermanfaat.

Sementara itu, fitri selaku ibu sekdes yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan kerajinan tangan yang kami ajarkan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga karena mereka bisa mengisi waktu luang nya untuk membuat kerajinan tersebut, selain karena mudah dibuat, kerajinan tersebut juga bisa membantu perekonomian rumah tangga.

News Feed