oleh

Menoleh Lebih Dekat Kunjungan Plt.Bupati Palas Ke Rohul Berikut Target Diharapkan

-Advertorial-568 views

Laporan : Fauzi dan Sunardi

PadangLawas.Mitanews.co.id | Sebagaimana pemberitaan sebelumnya , Senin (30/05/2022) ,
Plt. Bupati Padang Lawas ( Palas ) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si bersama para pimpinan OPD serta Camat Huta Raja Tinggi melakukan kunjungan silaturrahmi ke Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Propinsi Riau,

Pertemuan atau Silaturrahmi antara kedua Kepala Daerah ini sudah cukup lama direncanakan. Hanya saja , selalu tertunda karena persoalan waktu.

Dengan i'tikad baik kedua pimpinan kepala daerah ini , akhirnya pada Senin kemarin ( 30/05/2022) dapat duduk sanding di Rumah Dinas Bupati Rohul, Komplek Bina Praja Pemda Kabupaten Rokan Hulu,

Kunjungan Plt.Bupati Palas ini dilaksanakan atas undangan Bupati Rohul H. Sukiman dalam rangka mempererat tali silaturahim antara Pemkab. Palas dan Pemkab. Rohul.

Kedatangan Plt. Bupati Palas beserta rombongan, disambut meriah dengan tarian selamat datang, tepung tawar dan kalung bunga oleh Bupati Rohul beserta jajarannya .

Plt.Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si disambut dengan tarian  Selamat datang ,tepung tawar dan pengkalungan bunga oleh Bupati Rohul H.Sukiman.
Plt.Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si disambut dengan tarian Selamat datang ,tepung tawar dan pengkalungan bunga oleh Bupati Rohul H.Sukiman.

Atas kunjungan ini, kedua pimpinan daerah ini sama sama mengapresiasi dan sama sama menyampaikan ucapan terima kasih .

Selain pertimbangan administrasi , pertemuan kedua Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) ini lebih didasari dengan hubungan Psikososial dan Kulturasi .

Kedua Kabupaten yang berbatasan ini sejak ratusan tahun telah memiliki hubungan bathin yang kuat antar masyarakat.

Untuk meningkatkan hubungan itu , kedua daerah ini mewujudkan kerjasama antar daerah dengan diawali melakukan Silaturrahmi dan dilanjutkan dengan kerja sama antar daerah.

Sekapur sirih Bupati H.Sukiman

"Selamat datang di Kabupaten Rohul, Negeri Seribu Suluk, terima kasih telah memenuhi undangan kami. Karena niat ini sudah lama ada tetapi kadang saya bisa namun Bapak Plt. Bupati Palas belum bisa atau pun sebaliknya. Alhamdulillah kita sekarang dapat bertemu secara langsung, Kiranya kunjungan silaturrahim ini akan mempererat serta menghasilkan kerjasama yang baik diantara dua daerah, ucap Bupati Rohul.

Bupati H.Sukiman menyampaikan ucapan selamat datang kepada Plt.Bupati Palas dan rombongan
Bupati H.Sukiman menyampaikan ucapan selamat datang kepada Plt.Bupati Palas dan rombongan

Berhubung Rohul dan Palas sama sama berada di ujung provinsi masing masing, Bupati Rohul mengajak Plt Bupati Palas untuk bersatu, bekerjasama, berjuang, mengenai Alih status jalan provinsi menjadi nasional sehingga jalan ke Rohul - Palas atau sebaliknya akan lebih baik.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H. Sukiman menjelaskan kondisi geografis Kabupaten Rokan Hulu sejak dimekarkan pada tahun 1999. Beberapa capaian pembangunan baik dibidang Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan dan ekonomi kerakyatan telah dirasakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan Bupati Sukiman, saat ini Pemkab Rohul juga telah mengusulkan ruas jalan rantau berangin Kampar ke Perbatasan Sumut statusnya menjadi jalan nasional ke Kementerian PUPR. Karena, 80 persen pejabat Pemkab Padang Lawas ketika dinas ke Jakarta juga melintasi Rohul.

Untuk itu, dihadapan Bupati Padang Lawas, Bupati Sukiman juga meminta Pemkab Padang Lawas melakukan hal yang sama untuk mengusulkan peningkatan status jalan ke Pusat, sebagai upaya untuk memperkuatkan usulan Rohul ke Pusat yang merupakan berbatasan langsung dengan Padang Lawas.

Plt Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht,MM.M.Si Bersama Bupati Rohul H.Sukiman dan Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan Kodim 0313/KPR letkol Arhanut Muliyadi,S.Ip dan jajaran Pimpinan OPD Rohul - Palas Foto bersama di aula Rumah Dinas Bupati Rohul, Senin (30/05/2022
Plt Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht,MM.M.Si Bersama Bupati Rohul H.Sukiman dan Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan
Kodim 0313/KPR letkol Arhanut Muliyadi,S.Ip dan jajaran Pimpinan OPD Rohul - Palas Foto bersama di aula Rumah Dinas Bupati Rohul, Senin (30/05/2022

“Kita sangat menyambut baik kunjungan silaturrahmi Bupati Padang Lawas dan rombongan ke Rohul. Karena kita ini berbatasan langsung dengan Padang Lawas. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada beliau (Bupati Padang Lawas-red) bersama stafnya hadir disini untuk meningkatkan kerjasama antara Pemkab Rohul dengan Pemkab Padang Lawas,” ujarnya

Bupati Sukiman berharap silaturahmi dan pertemuan menghasilkan kerjasama yang baik diseluruh bidang, karena kedua daerah ini merupakan daerah berbatasan langsung. Dengan terjalinnya kerjasama yang baik antar daerah, dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sambutan dan Paparan Plt Bupati Palas

Diawal Sambutannya, Plt. Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, juga mengucapkan, Terima kasih kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati Rohul atas sambutan hangatnya,. Kami disambut dengan tari selamat datang dan di jamu makan siang kata Plt. Bupati Palas

Plt .  Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si menyampaikan ucapan terimaksih kepada Bupati Rohul.
Plt . Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si menyampaikan ucapan terimaksih kepada Bupati Rohul.

Secara kultur dan sosial, hubungan masyarakat Rohul dan Palas telah terjalin sejak dahulu. Secara umum masyarakat di perbatasan Rohul - Palas memiliki kekerabatan yang sangat erat, hal ini diakibatkan terjadinya perkawinan antara masyarakat di perbatasan.

Disamping itu banyak kesamaan nama desa di Kabupaten Rohul dan Palas. Dalam kehidupan sehari hari orang Rohul yang berada di perbatasan Palas dalam berkomunikasi menggunakan bahasa daerah Palas. Akulturasi ini menjadikan Ikatan bathin antara masyarakat dua daerah sangat erat.

Lanjutnya, masyarakat kedua daerah ini sudah terjalin kerjsama yang baik didaerah perbatasan. Ikatan bathin kedua daerah ini sudah terjalin sejak duluya. Namun perlu ditindak lanjuti secara administrasi kemitraan antar daerah dalam bentuk kerjasama.

“Makanya saya dan jajaran Pemkab Padang Lawas menjalin silaturrahmi dengan Pemkab Rohul, dengan memuat rencana strategis kerjasama antar daerah. Kerjasama ini harus kita tindkalanjuti, seperti di Jawa sudah ada kerja sama baik antar darah,” ujar Zarnawi.

“Jadi perlu kita sampel, kita berbatasan langsung, kerjsama harus terbentuk bermuara pada sebagai dasar penggunaan anggaran, Puskesmas yang dekat dengan Rohul, sehingga masyarakat Padang Lawas Bisa berobat dalam kondisi kedaruratan medis," tambahnya

"Kerjasama antar daerah yang merupakan target dari silaturrahmi akan bisa terjalin dibidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sehingga bermuara pada pelayanan masyarakat,” pungkasnya.

Secara administrasi, pemerintahan saya sangat setuju untuk membangun kerjasama daerah diantara dua belah pihak, semoga kunjungan silaturrahim ini memberikan manfaat yang seluas luasnya bagi pemerintah dan masyarakat di Palas-Rohul. Dengan kerjasama terkoneksi secara adninistrasi dan terukur, maka bukan tidak mustahil persoalan krusial akan bisa terlayani tanpa halangan birokrasi atau administrasi".tambah Plt. Bupati Palas.

Atas dasar ini kiranya dapat menjadi pokok untuk menjalin kerjasama antara Pemkab Rohul dan Palas.

Tentang kunjungan balasan , kami mengharapkan kehadiran Bapak Bupati rohul dan rombongan ke Palas. Kami berjanji akan memberikan suguhan hiburan rakyat sebagaimana kami disambut, pungkas Plt Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si

Penutup

Turut hadir dalam menyambut kunjungan ini Dandim 0313/KPR Letkol ARH. Mulyadi, S.IP, Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan, para Pimpinan OPD Kabupaten Rohul serta Camat Tambusai.

Penandatanganan kerjasama Batas daerah.
Penandatanganan kerjasama Batas daerah.

Acara ditutup dengan penandatangan kerjasama Batas Daerah antara Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara dengan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau sesuai dengan Permendagri 81 Tahun 2019.

Baca juga : Pemkab Palas Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

News Feed