oleh

Mensos Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Palas

-Nasional-1,266 views

Padang Lawas – MiatNews.co.id | Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini, turun langsung meninjau loksi Banjir bandang di 5 Desa dikecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumut, Senin 03 Januari 2022.

Pantauan awak media dilapangan kedatangan Tri Rismaharini disambut hangat Plt Bupati Padang Lawas drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM MSi didampingi Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K, Forkopimda, Pimpinan SKPD, serta Warga kecamatan Batang Lubu Sutam.

Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengunjungi Provinsi Sumatera Utara Kedatangan Risma salah satunya untuk mengunjungi kawasan terdampak banjir di Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara.

Lokasi yang menjadi titik kunjungan Risma tepatnya di Sekolah Dasar (SD) Tamiang, desa Tamiang Kecamatan Batang Lubu Sutam, Palas,Sumut, sekitar pukul 20.30 Wib.

Diwaktu peninjauan Risma berjalan kaki dan menuju titik banjir. Sambil mendengarkan masukan, Mensos mengamati dengan seksama lokasi kejadian.

Mensos tampak berbincang dengan Plt bupati H.Ahmad Zarnawi dan kepala desa setempat. Dari perbincangan dengan tokoh setempat, Mensos merekomendasikan untuk dilakukan relokasi.

Melihat kondisi seperti ini, dikhawatirkan bisa terjadi banjir. Kalau itu terjadi akses masyarakat bisa terputus. Ada 5 desa yang rawan terputus aksesnya bila terjadi banjir susulan. Jadi solusinya kita akan siapkan lokasi bufferstock (lumbung sosial). Gunanya sebagai cadangan makanan mereka kalau seandainya terjadi sesuatu,” kata Risma dalam keterangannya, Senin (03/01/2022)

Kepada Plt Bupati H.Ahmad Zarnawi yang mendampingi, Mensos juga menyarankan agar melakukan restorasi jalan. Karena kondisi jalan sangat riskan. “Saya lihat hunian warga juga rawan hancur terhadap banjir. Oleh karena itu, kita akan bantu warga untuk direlokasi lahan maupun rumahnya,” katanya.

Pada peninjauan Tri Risnaharini mengatakan, cuaca belum terprediksi sampai bulan Maret.

“Untuk itu saya menghimbau kepada warga untuk tetap ditempat pengunngsian akibat cuaca tak terperdeksi”..

Disisi lain tambah Tri, kepada pihak PLN supaya memutus aliran arus lisktrik ke rumah terdampak banjir demi keselamatan warga dari sengatan arus listrik, manatahu terjadi lagi banjir susulan.

Diwaktu yang sama Tri Rismahini meninjau tempat pengungsian warga di Ponpes Babul hasanah didesa Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam, Palas, dan sembari memberikan selimut dan dan kasur kepada warga yang mengungsi. (Soleh/Fahmi).

Baca juga : Dampak Banjir Bandang di Palas , Ini Pernyataan Kepala BPBD

News Feed