oleh

Moettaqien Hasrimi di Tebingtinggi Gambaran Kepemimpinan Progresif, Peduli dan Berorientasi

-Daerah-138 views


Moettaqien Hasrimi di Tebingtinggi Gambaran Kepemimpinan Progresif, Peduli dan Berorientasi
 
 
                
TEBINGTINGGI.Mitanews.co.id ||


Komitmen Pj Wali Kota Tebingtinggi Dr Moettaqien Hasrimi terhadap Gerakan Jumat Bersih menunjukkan kualitas kepemimpinan yang progresif, peduli dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat serta lingkungan. Gerakan ini mendorong partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama.
           
           
Tentu efektivitas Gerakan ini salah satunya tergantung pada konsistensi penyelenggaraannya. Apabila rutin dilaksanakan setiap Jumat di setiap kecamatan hingga kelurahan hasilnya akan signifikan bagi Pembangunan kota lemang tersebut. Muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan warga kota.
 
           
Pj Wali Kota Dr Moettaqien Hasrimi sendiri bertekad gerakan ini konsisten. Ketika bersama Pj Ketua TP PKK Ny dr Dara Caprina Moettaqien Hasrimi ikut berotongroyong sekaligus peninjauan Posyandu Prima dalam rangka Jumat Bersih di Kelurahan Satria dan Kelurahan Damar Sari, Jumat 28 Juni 2024, beliau menyatakan tekad tersebut. 
 
"Ini untuk kebersamaan dan silaturahmi, di sini juga ajang kumpul dan kebersamaan. Mudah-mudahan ke depan, di kecamatan-kecamatan lain di Kota Tebingtinggi juga melakukan hal serupa sehingga menjadi Gerakan rutin yang konsisten dan berkelanjutan," ujar Moettaqien yang juga Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sumut.
 
Gerakan ini telah mendapatkan respons positif dari masyarakat dan berbagai pihak, serta menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kebersihan dan estetika kota Tebingtinggi. Selain itu, gerakan ini juga berfungsi sebagai wadah untuk mempererat hubungan sosial antar warga melalui kegiatan gotong royong.

Penjabat (Pj) Wali Kota Dr Moettaqien Hasrimi yang komitmen terhadap Gerakan Jumat Bersih di Tebingtinggi ini menunjukkan kriteria pemimpin yang baik di antaranya memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kota. Pemimpin seperti ini memahami dampak positif dari lingkungan yang bersih terhadap kesejahteraan masyarakat.

Beliau adalah figur yang berani menciptakan dan mengimplementasikan program-program baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Menggagas Gerakan Jumat Bersih menunjukkan inisiatif untuk mengatasi masalah sampah dan kebersihan kota secara sistematis.

Selain itu mendorong partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, termasuk warga, sekolah dan instansi pemerintah.

Pemimpin yang partisipatif mengajak masyarakat untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama. Figur pemimpin ini juga peka terhadap kebutuhan dan permasalahan masyarakat. Dengan mencanangkan gerakan ini, Pj Wali Kota menunjukkan kepeduliannya terhadap isu kebersihan yang sering menjadi keluhan warga.

Dengan menyadari pentingnya edukasi dan sosialisasi, sehingga bagi pemimpin ini program ini juga bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mengelola sampah dengan baik.

Artinya pemimpin yang komitmen terhadap Gerakan ini dapat melihat pentingnya perubahan yang berkelanjutan, bukan hanya solusi sementara. Pemimpin dengan visi jangka panjang berusaha menciptakan budaya bersih yang berkelanjutan di tengah masyarakat.

Warga diharapkan aktif berpartisipasi dalam kegiatan Jumat Bersih, baik dengan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih maupun dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar mereka setiap hari.

Selanjutnya warga diharapkan membangun budaya bersih di rumah, tempat kerja, dan area publik. Biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya dan mendaur ulang jika memungkinkan.

Bagi warga hal ini akan meningkatkan semangat gotong royong dengan bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kerja sama antar warga dapat membuat lingkungan lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Hal penting lainnya bagi warga adalah mengedukasi diri sendiri dan anggota keluarga tentang pentingnya kebersihan dan cara pengelolaan sampah yang baik. Pengetahuan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 
Selain itu mendukung inisiatif dan program pemerintah tentang kebersihan lingkungan dengan ikut berpartisipasi dan menyebarkan informasi positif tentang gerakan Jumat Bersih.

Diharapkan Gerakan Jumat Bersih di Tebingtinggi dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi seluruh warga.(Zulfikar Tanjung)***

Baca Juga :
Struktur BPPD NTB Terbentuk, ini Komposisinya

News Feed