oleh

Pembangunan Infrastruktur Dukung Peningkatan Perekonomian Sergai

-Advertorial-4,782 views
Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan

Catatan : Abdul Rahman Manik (Kabiro Mitanews Sergai).

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Pembangunan infrastruktur memegang peranan penting dalam peningkatan ekonomi. Infrastruktur juga mampu mendorong kemajuan daerah ke arah yang lebih baik. Bahkan pembangunan infrastruktur menjadi prioritas bagi sebuah negara.

Infrastruktur yang baik juga mampu melancarkan distribusi dan mobilitas barang. Baik itu operasi saat pengangkutan bahan mentah maupun barang akhir. Waktu yang lebih singkat dan efisien membuat harga produk menjadi kompetitif tidak terlalu mahal.

Bisa dibayangkan jika infrastruktur buruk tentu akan membuat operasional menjadi tidak lancar. Infrastruktur juga bisa dikategorikan dalam fisik, sosial dan finansial. Untuk kemajuan negara Indonesia harus bisa menyeimbangkan ketiga infrastruktur tersebut.

Dikutip dari (Sadono, 2011), Infrastruktur merupakan komponen utama dalam mengembangkankegiatan ekonomi dan meningkatkan efisiensi kegiatan ekonomi suatu negara. Infrastruktur dalam meningkatkan efisiensi kegiatan ekonomi ini berupa jalanraya, pelabuhan laut, lapangan terbang, kawasan industri, alat-alat perhubungan, seperti telepon dan alat pengangkutan, serta fasilitas penyediaan air dan listrik.

Kita ketahui, Pembangunan infrastruktur merupakan kunci pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Pengembangan infrastruktur juga memiliki peran yang sangat strategis dalam kemajuan ekonomi suatu negara. Pasalnya, pada proses pembangunan maupun pasca pembangunan, hanya pengembangan infrastruktur yang memiliki efek berantai. Termasuk, daya ungkit dalam pertumbuhan ekonomi.

Pengembangan infrastruktur yang dilakukan pada hakekatnya merupakan upaya nyata membangun ekonomi masyarakat. Sebab, untuk mencapai kemajuan ekonomi senantiasa memerlukan infrastruktur yang memadai.

Infrastruktur Sergai Semakin Meningkat

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan kerap menyatakan jika ”Jalan Mulus Ekonomi Bagus”. Pasalnya keduanya menjadikan infrastruktur sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan.

Bukan hanya infrastruktur semata yang menjadi target pembangunan dalam kepemimpinan keduanya. Terdapat beberapa program lainnya yang terbungkus apik dalam Sapta Dambaan (Sapda) dantelah dirumuskan RPJMD yang berarti 7 (tujuh) dambaan, yaitu sekolahmandiri, terampil, asri dan berkualitas (mantab), masyarakat sehat dan religius, pertanian berkelanjutan, infrastruktur terintegrasi, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

Pada bulan Juli 2022, untuk mewujudkan Jalan Mulus, Ekonomi Bagus, Pemkab Sergai telah melakukan penganggaran pembangunan infrastruktur pada 13 titik yang terbagi kedalam 10 kecamatan, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sergai.

Adapun pembangunan infrastruktur tersebut mencakup pembangunan jalan, irigasi maupun jembatan. Selain dapat mendongkrak perekonomian masyarakat juga lebih mempermudah masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. 5 (Lima) dari ke-13 (tiga belas) titik pembangunan tersebut sedang dalam pengerjaan yaitu Rehabilitasi Jembatan di Desa Dame Kecamatan Dolok Masihul dengan panjang 15,8 meter dan lebar 5 meter.

Pembangunan pilar jembatan dan dinding penahan tebing dan drainase, jembatan Siampang Buah Kecamatan Sipispis 1 (satu) buah pilar.

Selanjutnya, pembangunan jembatan di ruas jalan Dolok Merawan menuju SMP Negeri Kecamatan Dolok Merawan dengan panjang 12,8 meter dan lebar 5,6 meter. Rehabilitasi jembatan penghubung ruas jalan Kampung Pon Bakaran Batu atau Simpang Kelapa Tinggi Kecamatan Sei Bamban dengan panjang 9 meter dan lebar 5 meter. Rehabilitasi jembatan Pondok Bawah Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul dengan panjang 12 meter dan lebar 2,7 meter.

Selain infrastruktur yang sedang dalam pengerjaan dari ke-13 titik tersebut, Pemkab Sergai juga menganggarkan lanjutan peningkatan ruas jalan Bah Sumbu menuju batas perkebunan Kecamatan Tebing Tinggi sepanjang 685 meter dengan lebar 4 meter.

Kemudian terdapat peningkatan ruas jalan Dusun III Desa Bartong menuju objek wisata Arung Jeram Ancol Kecamatan Sipispis sepanjang 481 meter dengan lebar 3,5 meter.

Lanjutan peningkatan ruas jalan Mesjid Jamik – Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah sepanjang 1021 meter dengan lebar 4 meterdan panjang 796 meter dengan lebar 5 meter.

Pemeliharaan ruas jalan jembatan Paku menuju Kotarih Kecamatan Kotarih sepanjang 1.195 meter dengan lebar 4 meter. Rehabilitasi konstruksi pengaman jembatan Ancol Kecamatan Tebing Syahbandar 2 (dua) fender.

Pembangunan konstruksi pengaman jembatan di Desa Tapian Nauli Kecamatan Bandar Khalifah 2 fender dan 2 pilar.

Peningkatan saluran drainase di ruas jalan Mata Pao menuju Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu sepanjang 742 meter. Rehabilitasi saluran drainase dijalan Perintis Kemerdekaan Desa Dolok Merawan Kecamatan Dolok Merawan sepanjang 392 meter.

Dirinya juga menambahkan bahwa Dampak dari pembangunan infrastruktur dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Sergai. Infrastruktur berperan sebagai penggerak pada sektor perekonomian.

Dengan demikian bisa menjadi pendorong berkembangnya sektor-sektor lainnya. pertumbuhan ekonomi akan memberikan pengaruh terhadap arus investasi.

Sementara itu, peningkatan kualitas hidup akan memberikan pengaruh kepada kesejahteraan masyarakat secara umum, khususnya di Sergai.

Menurut keterangan Kadis PUPR, Johan Sinaga pada 7 Desember 2022 lalu, merinci hingga saat ini Pemkab Sergai telah melaksanakan pembangunan jalan sepanjang 250 km, irigasi 9 km dan jembatan 12 unit tersebar di 237 desa/6 kelurahan.

Johan menyebut jika target pembangunan jalan di RPJM sebanyak 80 % atau (694 km) jalan dalam kondisi baik. Untuk saat ini pembangunan jalan sudah mencapai 67 persen (581 km) kondisi jalan mantap dan sebesar 33 persen (286 km) kondisi Jalan kabupaten yang masih dalam kondisi kurang baik.

Terbaru, Wakil Bupati Adlin Tambunan, Kamis (19/10/2023) meresmikan pembangunan peningkatan ruas Jalan Desa Bakaran Batu, Desa Gempolan, Desa Sei Belutu, dan pembangunan jembatan penghubung Desa Gempolan oleh Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan, di Komplek Gereja Katolik St. Maria Kelapa Tinggi, Sei Bamban, Kamis (19/10/2023).

Disampaikan Wabup Adlin jika pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sergai menjadi prioritas kerja dirinya dan Bupati Sergai Darma Wijaya. Pembangunan tersebut, katanya, difokuskan untuk jalan penghubung antar kecamatan yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami meyakini jika kualitas infrastruktur akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Banyak efek runtutan yang bisa dirasakan masyarakat kalau ruas jalan di desa kita baik. Kalau jalan mulus, maka ekonomi bagus,” ujarnya.

Dirinya menyebut, Pemkab Sergai menargetkan pembangunan infrastruktur di Sergai bisa mencapai angka 85% pada tahun 2024. “Namun kami perlu kembali ingatkan supaya masyarakat bersama-sama meningkatkan rasa saling memiliki terhadap fasilitas publik yang sudah dibangun. Hal itu supaya kita bisa sama-sama menjaga ruasjalan yang sudah mulus dibangun,” ucapnya.

Ia kemudian merinci, pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sei Bamban tahun 2023, yaitu peningkatan ruas Jalan Kampung Pon-Jalan Bakaran Batu (Kelapa Tinggi) sepanjang 4.027 m dengan sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp 9.814.000.000.

Kemudian peningkatan ruas Jalan Sei Bamban-Sei Belutu sepanjang 678 m (rigid beton) sumber dana Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp3.000.000.000. Selanjutnya rehabilitasi 1 unit jembatan penghubung ruas Jalan Kp. Pon-Bakaran Batu (Simp. Kelapa Tinggi) ukuran 9 mx5 m dengan sumber dana APBD tahun 2022 dengan pagu anggaran Rp1.100.000.000.

“Sekali lagi saya berpesan, dengan adanya pembangunan ini saya harapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sergai,khususnya masyarakat Kecamatan Sei Bamban untuk memastikan penggunaan jalan dan jembatan tersebut sesuai dengan kapasitas kelas jalan yang dibangun, serta bersama-sama menjaga dan merawat setiap pembangunan yang dibangun oleh Pemkab Sergai,” tandasnya.

Baca Juga :
Diikuti 18 Kecamatan, Ratusan Anak PAUD Ikuti Berbagai Lomba Kreatifitas Anak Tingkat Kabupaten 

News Feed