oleh

Pemkab Tapanuli Tengah Ikuti Rakernas Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021

PANDAN.Mitanews.co.id | Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI secara virtual melalui video conference dari Jakarta.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul dalam mengikuti Rakernas virtual tersebut, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Sekdakab Tapteng) Yetty Sembiring, SSTP, MM, para Asisten Setda Tapteng, Kepala BPKPAD Tapteng, dan Inspektur Inspektorat Tapteng. bertempat di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng, Selasa (14/09/2021).

Rakernas ini mengusung tema “Bangkitkan ekonomi, pulihkan negeri bersama hadapi pandemi.

Pada kesempatan itu, Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyadi Indrawati menyampaikan bahwa Pemerintah mendorong para pengelola keuangan negara baik di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengoptimalkan Program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), dengan tetap menjaga aspek akuntabilitas dan transparansi agar ekonomi segera bangkit dan pulih.

“Hari ini kita sudah memasuki bulan ke-9 tahun 2021, dan Covid belum selesai. Oleh karena itu tahun di2021, Bapak dan Ibu di Kementerian/Lembaga (K/L) serta pimpinan pemda melihat juga bahwa APBN-nya masih bergerak. Terjadi refocusing bahkan hingga empat kali. Karena kita memang menggunakan APBN secara sangat fleksibel, responsif namun akuntabel,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

Menkeu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh K/L dan Pemda yang terus melakukan penyesuaian anggaran guna penanganan Covid-19 tanpa meninggalkan integritas dan tata kelola yang baik.

Menkeu menjelaskan bahwa salah satu indikator pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan adalah diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan atas raihan opini WTP tersebut.( mn.16)

Baca juga : Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Sumut, GPMB Diharapkan Terbentuk di Seluruh Kabupaten/Kota

Komentar

News Feed