oleh

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Sibolga Gelar Upacara Tabur Bunga di Geladak Buritan KAL Sarudik I – 2 – 18

-Daerah-595 views

SIBOLGA.Mitanews.co.id | Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M. Tr. Opsla diwakili oleh PgS. Palaksa, Kapten Laut (PM) Pipin Siagian memimpin upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2023 di Geladak Buritan KAL Sarudik I - 2 - 18 yang bersandar di Dermaga Pelindo, Kota Sibolga, pada Senin (16/01/2023) pagi.

Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023 mengangkat tema "Kobarkan Semangat Perjuangan Samudera untuk Kejayaan Indonesia".

Selain itu, Peringatan Hari Dharma Samudera ini juga sebagai momentum untuk mengenang heroisme perjuangan dan pengorbanan para prajurit Jalasena.

Dalam upacara tersebut, PgS. Palaksa sempat melarungkan karangan bunga dan melakukan prosesi tabur bunga dari buritan KAL Sarudik I - 2 - 18 dan diikuti oleh sejumlah perwira Lanal Sibolga yang hadir. 

Peringatan Hari Dharma Samudera ini intinya adalah memperingati gugurnya para pahlawan Indonesia, khususnya para pahlawan TNI Angkatan Laut, dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Peringatan Hari Dharma Samudera bertujuan untuk mengenang sejumlah pertempuran laut yang dilakukan sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, dengan puncaknya pada pertempuran di Laut Aru yang menyebabkan gugurnya Komodor Yos Sudarso dan tenggelamnya kapal motor torpedo boat (MTB) RI Macan Tutul pada 15 Januari 1962 lalu.

Danlanal Sibolga berpesan, dengan peringatan Hari Dharma Samudera yang menggambarkan keberanian Komodor Yos Sudarso ini, dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergabung dengan TNI AL dan meneruskan jejak perjuangan pahlawan nasional tersebut.(MN16)

Baca Juga : Tahun 2023 Kemenag Abdya Akan Berangkatkan 66 Jamaah Haji

News Feed