oleh

Pertama di Sergai, Bupati dan Wabup Resmikan Tempat Jajanan Khas Banjar

-Daerah-704 views


Pertama di Sergai, Bupati dan Wabup Resmikan Tempat Jajanan Khas Banjar

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Di tengah momen puncak Hari Jadi ke-20 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan menyempatkan diri hadir sekaligus meresmikan tempat jajanan kuliner “Sarjana” atau Sarapan Jajanan Nusantara Kampung Budaya Banjar yang ada di Desa Lubuk Cemara, Kecamatan Perbaungan, Minggu 7 Januari 2024.

Ditemui saat menyantap penganan di Sarjana Kampung Banjar, Bupati Sergai menyampaikan pujian terhadap konsep wisata kuliner yang digagas Kampung Banjar ini. Apalagi ia menyebut ini adalah jajanan kuliner pertama yang bertema budaya di Kabupaten Sergai.

“Konsepnya sangat menarik karena memadupadankan antara kuliner dan budaya. Ini bisa menjadi sumber inspirasi dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat setempat, terutama bagi beberapa kampung budaya lain yang ada di Sergai,” terangnya.

Selain peningkatan perekonomian, Darma Wijaya menyebut keberadaan tempat jajanan kuliner Sarjana ini juga akan sangat baik dalam melestarikan makanan khas Banjar sekaligus memperkenalkan kuliner Urang Banjar.

“Sergai ini budayanya beragam, termasuk diisi juga oleh warga keturunan Banjar. Bagi Urang Banjar yang rindu kampung halaman, mari mampir kemari untuk mengobati kangen pada masakan khas Banjar,” ajaknya.

Di kesempatan serupa, Adlin Tambunan juga mengapresiasi tempat jajanan khas Banjar ini.

“Ini unik. Misalnya saja alat pembayarannya menggunakan koin buluh yang bisa ditukar Rp 2.000 per koinnya. Selain itu di sini masyarakat tidak cuma bisa menikmati jajanan Banjar tapi juga dihibur dengan pentas seni budaya Banjar,” terangnya.

Wabup Sergai juga menyebut tempat ini bebas dikunjungi oleh siapa saja dan bisa menjadi pilihan alternatif bagi wisatawan lokal dan luar daerah.

“Sarjana merupakan destinasi wisata kuliner yang menarik karena jumlah penjaja jajanannya cukup banyak yaitu sekitar 20-an stan. Tak hanya makanan khas Banjar, ada pula bermacam penganan menarik yang bisa kita kudap di sini,” pungkasnya.

Peresmian ini dihadiri juga oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Fitriadi, S.Sos, M.Si, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Kadis Poraparbud Drs. Akmal, AP, M.Si, Kadis PMD Drs. Fajar Simbolon, M.Si, Camat Perbaungan M. Fahmi, S.STP, M.Si, serta para tokoh masyarakat Banjar.(MN.44)***

Baca Juga :
Bupati dan Wabup Sampaikan Capaian Pembangunan dan Prestasi Tahun 2023

News Feed