oleh

Petugas KPPS di Sibuhuan Dampingi Lansia Saat Pencoblosan

-Daerah-604 views


Petugas KPPS di Sibuhuan Dampingi Lansia Saat Pencoblosan

PALAS.Mitanews.co.id ||


Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dampingi pemilih lanjut usia (lansia) pada saat pencoblosan.

Hal itu terpantau awak media di beberapa KPPS di pilihnya di TPS 47 dan TPS 48 di lingkungaan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Pala), Rabu 14 Februari 2024.

Para lansia kesulitan ketika ketika diberikan lima jenis surat suara, untuk Presiden, DPD-RI, DPRD-RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/kota.

" Rata-rata lansia yang datang ke TPS minta didampingi ketika hendak memilih," kata Halomoan Siregar (42), petugas KPPS 47 Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Halomoan menerangkan kendala tersebut didapati saat pemilih lansia membuka surat suara untuk calon DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten.

" Selain bingung, mereka juga kesulitan untuk membaca nama-nama calon yang ada dalam surat suara tersebut, sehingga kita petugas berinisiatif mendampingi para lansia di bilik suara," jelasnya.

Hal itu juga diaminkan Muhammad Ali Fahmi (23), petugas KPPS di TPS Lingkungan VI, Pasar Sibuhuan.

Ia menyebut kebanyakan para lansia kesulitan saat hendak mencoblos dan harus kita dampingi petugas karena kebingungan.

Masih di TPS, seorang lansia, Tianis Lubis (84) salah satu lansia warga Jalan Kihajar Dewantara, Kelurahan Pasar Sibuhuan mengaku kesulitan saat mencoblos caleg pilihannya.

"Hurufnya kecil-kecil, sehingga menyulitkan kami untuk mencoblos meskipun sudah tahu caleg yang akan dipilih dari partai mana dan namanya siapa," sebut Tianis.(FH)***

Baca Juga :
Bupati dan Forkopimda Asahan Nyatakan Siap Laksanakan Pesta Demokrasi 2024

News Feed