oleh

Pj Bupati Sugeng Riyanta Lantik dan Ambil Sumpah 176 PNS Baru di Lingkungan Pemkab Tapteng

-Daerah-445 views

Pj Bupati Sugeng Riyanta Lantik dan Ambil Sumpah 176 PNS Baru di Lingkungan Pemkab Tapteng

TAPTENG.Mitanews.co.id ||


Sebanyak 176 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), resmi dilantik serta pengambilan sumpah dan janji oleh Pj Bupati Tapteng, Dr Sugeng Riyanta, SH, MH, di Gedung Serbaguna Pandan, Selasa 28 November 2023 kemarin.

Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta berpesan agar para PNS yang baru dilantik, dapat menghayati dan mengamalkan makna dan arti dari sumpah yang baru saja diucapkan.

“Saudara sekalian telah bersumpah di hadapan Tuhan dan hendaknya sumpah yang saudara ucapkan itu saudara ingat, karena kelak sumpah itu akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Tuhan,” ucap Pj Bupati Tapteng mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Riyanta juga mengingatkan para PNS yang baru disumpah, bahwa orang yang melanggar sumpah dan janji adalah orang yang berdosa besar.

"Untuk itulah, saya kembali mengingatkan kepada saudara, agar sumpah dan janji yang telah saudara sampaikan tadi benar-benar dihayati dan diamalkan," jelas Sugeng Riyanta.

Selain itu, Wakajati Bangka Belitung itu pun menyampaikan empat pesan penting bagi para PNS yang baru disumpah.

Pertama; Mengikrarkan kesetiaan untuk taat sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.
Kedua; Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara.
Ketiga; Bekerja jujur dan adil serta bertanggung jawab.
Keempat; Posisikan diri sebagai pelayan masyarakat bukan yang dilayani.

"Saudara digaji oleh Pemerintah untuk melayani masyarakat. Untuk itu, turunlah ke masyarakat dan layani masyarakat itu dengan sebaik-baiknya. Demikian juga dengan loyalitas, anda harus loyal terutama terhadap diri anda bukan sebatas loyal kepada pimpinan atau termasuk kepada saya. Ingat, kalau anda disuruh pimpinan untuk melakukan korupsi, anda harus tolak, karena anda sudah loyal terhadap diri anda, sebagaimana janji dan sumpah yang saudara-saudara sampaikan tadi,” tegas Sugeng Riyanta mengingatkan para PNS yang baru diambil sumpah.

Sekaitan dengan tahun politik dan juga masa kampanye yang sudah dimulai sejak hari ini, Pj Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Riyanta kembali mengingatkan kepada seluruh ASN Pemkab Tapteng terkhusus yang baru dilantik hari ini agar bertindak netral, karena itu adalah perintah Undang-Undang.

“Kemarin saya sudah keluarkan instrukti tentang netralitas ASN dan aparat desa dalam pelaksanaan Pemilu, Pemilukada, dan Legislatif. Barang siapa yang melanggar aturan dan instruktir tersebut, maka ada sanksi berat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 94 Tahun 2021, tentang hukuman disiplin berat. Silahkan sudara baca nanti,” tegas Sugeng Riyanta kembali mengingatkan para PNS di lingkungan Pemkab Tapteng.

Di akhir sambutannya, Pj Bupati mengharapkan kepada pada PNS khususnya yang baru dilantik, bahwa banggalah para PNS sebagai Abdi Negara. Karena tidak semua orang berkesempatan menjadi PNS. Untuk itu, jaga dan hargai kesempatan yang sudah diraih saat ini. 

"Banggalah dengan perjuangan kalian saat ini, sehingga bisa menjadi PNS. Ingat, anda adalah kebanggaan keluarga. Untuk itu, jangan kecewakan keluargamu dengan perbuatan dan tindakan yang melanggar aturan sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang PNS.” harapnya mengakhiri.(MN.16)***

Baca Juga :
Natal dan Tahun Baru, Perumda Air Minum Mual Nauli Gratiskan Tagihan Air Gereja di Tapteng

News Feed