oleh

PN Medan Tetapkan Lapangan Merdeka Sebagai Cagar Budaya

MEDAN-mitanews.co.id | Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang diketuai Dominggus Silaban menetapkan Lapangan Merdeka sebagai cagar budaya, Rabu, (14/7/2021).

Penetapan itu dilakukan setelah Koalisi Masyarakat Sipil Medan-Sumatera Utara (KMS MSU) Peduli Lapangan Merdeka terhadap Walikota Medan melakukan gugatan.

Hasil putusan gugatan tersebut disampaikan lewat sistem e-court atau pemberitahuan perkara lewat sistem online yang diterima para pihak.

“Mengabulkan gugatan para Penggugat untuk sebahagian, menyatakan tindakan Tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum (onrechtmatige overheidsdaad),” demikian salah satu bunyi putusan e-court tersebut.

Dalam petikan putusan itu, pihak tergugat juga diperintahkan untuk menerbitkan Penetapan Tanah Lapang Merdeka Medan sebagai Cagar Budaya.

“Melalui, Peraturan Walikota Medan yang menetapkan secara tegas Tanah Lapang Merdeka Medan, sebagai Cagar Budaya (CB),” tulis isi putusan itu.

Selanjutnya, PN Medan menolak gugatan para Penggugat untuk yang selain dan yang selebihnya dan menghukum Tergugat untuk membayar ongkos perkara yang diperhitungkan sebesar Rp1.610.000.

Tim kuasa hukum para Penggugat dari LBH Humaniora Redyanto Sidi mengapresiasi putusan majelis hakim PN Medan itu.

“Kita sangat berterimakasih atas putusan ini. Langkah selanjutnya kita menunggu sikap Walikota Medan,” katanya.

Selain itu, kata Resdyanto, pihaknya meyakain Walikota Medan bijak dalam menyikapi putusan ini.

“Kami yakin walikota yang baru ini bijak dan taat hukum untuk melaksanakan amanah dari hakim PN Medan,” pungkasnya. (mn.09)

Baca juga : Bupati Iksan Iskandar : CDIA Dapat Memberikan Perhatian Khusus Pengadaan Air Bersih, Sanitasi dan Jalan

Komentar

News Feed