oleh

Sebanyak 22 Orang Warga Nias Lulus Litsus Cakades Siap Bertarung di Pilkades Tapanuli Tengah 2021

-Daerah-1,482 views

TAPANULI TENGAH.Mitanews.co.id | Sebanyak 22 orang warga Nias yang mencalonkan dirinya sebagai Bakal Calon Kepala Desa di Kabupaten Tapanuli Tengah, dinyatakan lulus seleksi tambahan/Litsus, dan siap untuk bertarung sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) dalam pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), pada tanggal 20 Desember 2021 mendatang.

Ada pun ke 22 Cakades tersebut yakni, Kades Toga Basir, Maranius Mendrofa, Cakades Sialogo, Yareti Waruwu, Cakades Danau Pandan, Ya’atulo Gea, Cakades Sibiobio, Yedison Telaumbanua, Cakades Lumut Maju, Sokhi Wolo’o Lase, Cakades Sihapas, Merlius, Cakades Sibiobio, Senyaman Zendato, Cakades Lumut Maju, Fa’atulo Ndaha, Cakades Pagaran Honas, Yasiria Mendrofa, Cakades Sibiobio, Damianus Zendrato.

Cakades Lumut Nauli, Seti Ndaha, Cakades Lumut Nauli, Iberia Telaumbanua, Cakades Manduamas Baru, Kamoni Mendrofa, Cakades Lae Monong, Arianto Mendrofa, Cakades Sialogo, Dominikus Waruwu, Cakades Sialogo, Martinus Halawa, Sabarita Zendato, Samasari Zega, Cakades Pagaran Honas, Mitahati Lase, Cakades Manduamas Baru, Sudirman Mendrofa, Cakades Simaninggir, Donatus Damai Putra Mendrofa, dan Cakades Lubuk Ampolo, Fize Aman Telaumbanua.

Hal ini disampaikan para Cakades yang lulus Litsus itu kepada wartawan saat menggelar konferensi pers, pada Selasa, (14/12/2021), di Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Hari ini kami menggelar konferensi pers untuk menyampaikan sekaligus meluruskan, terkait adanya informasi yang mengatakan bahwa tidak ada warga atau suku Nias yang lulus Litsus Cakades di Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021. Disini kami ingin menjelaskan bahwa informasi itu tidak benar..!. Buktinya kami ada 22 orang masyarakat Nias yang dinyatakan lulus Litsus,” tegas Kades Toga Basir, Maranius Mendrofa yang juga diamini oleh Cakades lainnya.

“Jadi, pernyataan di media sosial yang mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun masyarakat Nias yang dinyatakan menjadi calon kepala desa, itu tidak benar,” tegasnya lagi.

Untuk itulah, mereka mengimbau kepada warga masyarakat Nias yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk tetap menciptakan situasi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung pada tanggal 20 Desember 2021 mendatang.

“Jadi, kami berharap, agar kita jangan terlalu mudah terprovokasi atau termakan isu hoax, kita harus melaksanakan Pilkades ini dengan baik, damai dan tentram,” imbau Kades Toga Basir, Maranius Mendrofa yang juga diamini oleh Cakades lainnya.

Tak lupa, para Cakades ini juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul yang sangat mendukung pelaksanaan Pilkades ini.

Selanjutnya, terkait proses pelaksanaan Litsus yang telah selesai dilaksanakan beberapa hari yang lalu itu, para Cakades ini mengakui bahwa penyelenggaranya bukanlah dari Dinas PMD atau dari Pemkab Tapanuli Tengah, melainkan dari pihak ketiga, yakni dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Medan.

“Bagi Desa yang jumlah Cakadesnya lebih dari lima orang, maka akan dilakukan Litsus, dan yang melakukannya adalah pihak ketiga, yakni dari UMSU Medan. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, dan setiap Cakades mengikuti Litsus selama dua hari,” jelas Cakades Pagaran Honas, Yasiria Mendrofa.

Yasiria mengakui, bahwa proses Litsusnya berjalan dengan baik dan independen dengan menerapkan ujian tertulis sampai dengan wawancara.

“Memang kita harus benar-benar belajar agar bisa menjawabnya,” ungkapnya mengakhiri.( mn.16).

Baca juga : Peringatin HUT DWP Ke 22 dan Hari Ibu Hj Titiek Sugiharti Membuka Lomba Paduan Suara

News Feed