oleh

Sekdaprov Sumut Tuntut Peserta PKN Tingkat II Angkatan XIX Jadi Pembawa Perubahan

-Daerah-125 views

MEDAN.Mitanews.co.id | Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho menuntut peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat (PKN) II angkatan XIX membawa perubahan di lingkungannya. Perubahan tersebut, harus bisa meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Arief S Trinugroho saat melepas 60 peserta PKN di Aula Beringin Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Sumut, Jalan Ngalengko, Medan, Kamis (1/12). “Kita masuk ke era disrupsi di mana perubahan itu cepat sekali, kalau kita tidak masuk ke dalamnya kita akan ketinggalan, tertinggal atau ditinggalkan, karena itu bapak ibu sekalian dilatih untuk menjadi pemimpin perubahan yang inovatif dan kreatif,” katanya.

Menurut Arief, lulus dari PKN II merupakan langkah awal dari menciptakan perubahan. Selanjutnya, para pemimpin perubahan perlu mengimplementasikannya ke lingkungan kerja masing-masing yang menghasilkan perbaikan signifikan.

“Ini masih langkah awal, selanjutnya ada tahap menengah dan jangka panjang, bapak ibu sekalian harus terus membuat perubahan, jangan berhenti untuk kesejahteraan masyarakat kita,” kata Arief.

Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Muhammad Taufiq mengatakan, tantangan ke depannya akan lebih sulit. Oleh sebab itu, butuh pemimpin yang inovatif dan kreatif.

“Tahun depan dunia diprediksi akan menghadapi tantangan yang luar biasa, disrupsi ekonomi, demografi, digital, kita harus bisa melewatinya karena itu dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang inovatif dan kreatif, untuk itulah bapak dan ibu sekalian dilatih,” kata Muhammad Taufiq.

Kepala BPSDM Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, seluruh peserta PKN tingkat II Provinsi Sumut dinyatakan lulus dengan nilai tertinggi 91,72 dan nilai terendah 86,63. Hasil ini membuat PKN tingkat II angkatan XIX Sumut meraih predikat baik dari LAN RI dan diperbolehkan untuk menyelenggarakan dua angkatan tahun 2023.

“Terima kasih untuk dedikasi dan loyalitas peserta, saya berharap semua peserta menjadi pemimpin perubahan di instansi dan lingkungannya masing-masing,” kata Alwi Mujahit.

Hadir pada acara Bupati Padanglawas Utara Andar Amin Harahap, Kakanwil BKN Regional 6 Janry Haposan U P Simanungkalit dan perwakilan kepala daerah kabupaten/kota se-Sumut. Hadir juga OPD Pemprov Sumut, OPD kabupaten/kota dan jajaran Deputi III LAN RI.(MN.02)

Baca Juga : Kasrem Baladhika Jaya Sambut Kedatangan Tim Pengendalian Program

News Feed