oleh

Sokhiatulo Laoli Ajak ASPEKSINDO Komit Jadikan Laut Sebagai Sumber Potensi Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan

-Nasional-5,642 views


Sokhiatulo Laoli Ajak ASPEKSINDO Komit Jadikan Laut Sebagai Sumber Potensi Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan

JAKARTA.Mitanews.co.id ||


Ketua Dewan Pembina ASPEKSINDO,Sokhiatulo Laoli, mengajak para pengurus dan anggota ASPEKSINDO merefleksikan kembali semangat dan komitmen menjadikan laut sebagai sumber potensi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan bagi Indonesia.

Ajakan itu disampaikan Sokhiatulo Laoli pada kegiatan Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) Maritime Fest (AMF) 2023.

Kegiatan AMF mengusung tema “Maritim Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” yang berlangsung di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Danau Sunter, Jakarta Utara. Jumat 24 November 2023.

Menurut Sokhiatulo Laoli, kiprah ASPEKSINDO selama enam tahun perjalanan, kita telah bersama-sama berkontribusi untuk memajukan daerah-daerah kepulauan dan pesisir serta mengoptimalkan potensi maritim yang dimiliki Indonesia.

Sokhiatulo Laoli menjelaskan Indonesia sebagai negara kepulauan dan pesisir memiliki kekayaan luar biasa,maka diperlukan strategi dan gagasan kreatif dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi maritim ini.

"Gagasan kreatif hanya akan menjadi arsip jika tidak di eksekusi secara matang dan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, daerah, stakeholder industri, dan masyarakat, " jelasnya.

Diterangkannya, selaras dengan pembangunan berkelanjutan, kita dapat mengoptimalkan sumber daya laut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui kesatuan visi dan langkah nyata untuk mampu menghadirkan inovasi di sektor kelautan dan perikanan, pariwisata bahari, energi terbarukan, serta infrastruktur maritim.

Sokhiatulo memastikan bahwa pelabuhan-pelabuhan menjadi pintu gerbang ekonomi yang tangguh, serta menjadikan kawasan pesisir sebagai pusat kreativitas dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Dengan mengambil inspirasi dari keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang melimpah, kita dapat membentuk jati diri maritim Indonesia yang kuat di mata dunia. Melalui kolaborasi lintas sektor dan sinergi antar wilayah, kita membangun fondasi kokoh bagi masa depan Indonesia yang lebih baik, "tegas Sokhiatulo.

Menurutnya, Rapat Koordinasi Nasional dan Nominasi Penghargaan ASPEKSINDO AWARDS 2023 menjadi momentum untuk memberikan apresiasi yang berarti dalam mengkonsolidasikan pemikiran politik maritim selama ini.

Berkaitan dengan hal itu, akan ada nominasi penghargaan ASPEKSINDO Awards dengan kategori pengembangan teknologi maritim, penerangan pulau terbaik, inovasi bahari terbaik, penjaga pulai perbatasan, penjaga kedaulatan maritim, teluk pesisir terbaik, peduli lingkungan pesisir terbaik, diplomasi maritim terbaik, tokoh inisiatot kebijakan pembangunan daerah kepulauan, tokoh maritim RUU Daerah Kepulauan, dan kategori budidaya perikanan terbaik.

Semua kategori tersebut merupakan hasil dari jerih payah perjuangan dalam menggali gagasan inovatif untuk menghadapi tantangan dan peluang di bidang maritim.

"Terimakasih atas sinergi, kolaborasi, dan semangatnya untuk enam (VI) tahun perjalanan APEKSINDO hinga saat ini, " pintanya.

Pada akhir Sambutannya, Sokhiatulo Laoli mengajak secara khusus seluruh Kepala Daerah dan jajaran untuk dapat terus aktif di organisasi Aspeksindo ini agar dapat saling bertukar pikiran, pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan saling bekerjasama dalam upaya memajukan bangsa kita cintai ini melalui Daerah Kepulauan dan Pesisir yang berkemajuan.

"Saya berharap semoga potensi maritim akan terus maju dan berdampak selalu untuk kemajuan Indonesia, " pungkasnya Mengakhiri.

Untuk diketahui, Kegiatan itu dirangkaikan berbagai said event yaitu Expo UMKM, Coaching UMKM Maritim, Forum Bisnis kemaritiman, Seminar Nasional Kemaritiman, Rapat Koordinasi Nasional, Penebaran bibit ikan danau sunter, Lomba Masak Hasil Laut, Lomba Seni Maritim, Senam Massal dan Konser Musik.(ad)***

Baca Juga :
Wisuda Angkatan Pertama, STIT Berkontribusi dalam Peningkatan Kualitas SDM di Sergai

News Feed