oleh

Sibolga Berduka, Belasan Rumah di Kelurahan Pasar Belakang Habis Dilalap Sijago Merah

SIBOLGA – mitanews.co.id | Telah terjadi kebakaran hebat yang meratakan belasan rumah di kawasan padat penduduk yakni di Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Pasar Belakang (Pasbel), Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (03/05/2021) siang.

Sebanyak 10 rumah habis terbakar dan rata dengan tanah, sedangkan 4 rumah lainnya rusak akibat dilalap si jago merah.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 Wib di kawasan padat penduduk dan mayoritas bangunannya terbuat dari kayu.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar 2 jam, setelah petugas pemadam kebakaran berjibaku menjinakkan kobaran api yang membumbung tinggi dengan menerjunkan 3 unit mobil pemadam kebakaran dan mobil penyuplai air milik Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga dan 2 unit mobil pemadam kebakaran serta 2 unit mobil penyuplai air milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah.

Terlihat, Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, Kapolres Kota Sibolga AKBP Triyadi, S.H., S.I.K., dan Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM, langsung terjun kelokasi kebakaran memimpin aksi pemadaman kobaran api yang menghanguskan belasan rumah tersebut dan meninjau langsung kondisi para warga yang menjadi korban atas rumahnya yang terbakar.

Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan didampingi Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing saat di wawancarai wartawan terkait kebakaran tersebut menyampaikan,

“Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan untuk segera memberikan pelayanan kesehatan dan memberikan bantuan secara prima. Saya juga sudah perintahkan kepada Dinas Sosial dan BPBD untuk mendirikan tenda sebagai tempat penampungan warga yang rumahnya hangur terbakar. Saya juga telah perintahkan Dinas Sosial agar menyediakan alas dan tempat tidur, selimut, makanan, dan minuman selama warga berada di tenda penampungan. Sehingga ada solusi cepat tanggap bagi saudara-saudara kita korban bencana kebakaran yang berjumlah sebanyak 34 Kepala Keluarga ini,” ungkap Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan.

Wali Kota berharap, seluruh korban dapat sabar, dan tabah menghadapi cobaan yang terjadi pada Bulan Ramadhan saat ini.

Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satpol PP baik Kota Sibolga maupun Kabupaten Tapanuli Tengah atas kesigapan dalam membantu memadamkan kobaran api yang menghanguskan belasan rumah ini.

Terkhusus, Wali Kota juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Tapanuli Tengah adinda Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah adinda Darwin Sitompul, yang dengan sigap memerintahkan dan mengerahkan 2 unit mobil Damkar dan 2 unit mobil penyuplai air milik Pemkab Tapanuli Tengah untuk membantu memadamkan api yang terjadi di Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota ini, terima kasih juga kepada petugas Damkar Tapanuli Tengah yang telah berjibaku dan berkolaborasi memadamkan kobaran api bersama petugas Damkar Kota Sibolga.(mn.16).


Baca juga : Kapolres Jarot Hadiri Safari Ramadhan Di Barumun Selatan

Komentar

News Feed