oleh

Tim Evaluasi Ulu Barumun Periksa 3 Desa Terkait Penggunaan DD-ADD 2018

Padanglawas-Mitanews,-

Tim Evaluasi Kecamatan Ulu Barumun melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan anggaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) di Desa Paringgonan Julu dan Desa Tanjung, dan Desa Sibual-buali, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) Selasa (18/9/2018).Kehadiran tim didesa bertujuan memeriksa dan mengukur masing-masing fisik bangunan di tiga desa tersebut.

Pemeriksaan sarana dan prasarana melibatkan pendamping desa (PD) Kecamatan Ulu Barumun Sawalidah Siregar, Holidah Sari Situmorang dan pendamping lokal desa (PLD) Hasnan Harahap, Rosdeliana

Ketua tim evaluasi, Sekcam Khoiruddin Mukhlis Daulay, bersama Staf Kecamatan Suparman dan Ahmad yani Nasution mengatakan, untuk ketiga desa masih dalam proses pembangunan.

Disela peninjauan, Mukhlis Daulay menyampaikan agar setiap kepala desa melaksanakan pekerjaan sesuai RAB. Sebelum pelaksanaan musyawarah dengan melibatkan tokoh masyarakat, BPD dan TPK serta warga sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari terhadap pembangunan.

Dia berharap sarana yang dibangun desa dapat memilki kualitas karena sarana tersebut dimanfaatkan juga untuk warga, harapnya.

Kepala Desa Paringgonan Julu Ali Asri diwakili Sekdes Marahot Hasibuan menjelaskan, didesanya sedang melaksanakan pembangunan infastruktur jalan rabat sepanjang 1800 meter, lebar 1meter, tinggi 10centimeter dan pelat deker 1unit.

Infastruktur jalan dan pelat deker menuju lokasi sampai menembus jalan hubung lingkar desa Paringgonan dapat dimanfaatkan warga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, katanya.

Dilokasi terpisah, Kepala Desa Tanjung Sumardi Hasibuan memaparkan, peruntukan dana desa (DD) 2018 dengan memprioritaskan pembangunan jalan usaha tani rabat beton dengan panjang 2558meter, lebar 1,60 meter, tinggi 10 centimeter.

Saat ini, jalan usaha tani rabat beton sepanjang 2558 meter yang menghubungkan antar desa Tanjung dan Paranbatu hampir rampung hanya tinggal 20%, terangnya

Kata Sumardi, bangunan tersebut juga mendukung petani dalam hal mengangkut hasil produksi seperti karet, kopi, durian dan kemiri, dan lainnya.

Sementara, di desa Sibual-buali, Kades Ali Soman Hasibuan melalui Sekdes Morsal Habibi Hasibuan menyatakan, kegiatan pembangunan dengan memberdayakan masyarakat untuk pengelolaan dana desa (DD) 2018, sehingga dilaksanakan pembangunan dek penahan tanah 170 meter, lebar 30centimeter, tinggi 150centimeter. Selain itu, kata Sekdes juga jalan rabat beton sepanjang 2000meter, lebar 1meter, tinggi 10centimeter.

“upaya mengantisipasi bencana alam seperti tanah longsor, untuk itu masyarakat sudah lakukan perencanaan jauh hari sebelumnya membangun dek penahan tanah dengan panjang 170m, lebar 30cm, dan tinggi 150 tepatnya disamping lapangan bolakaki desa”sebut Sekdes

Usai pemeriksaan, Suparman bersama PD Sawalidah Siregar menegaskan, pemerintah desa yang belum melakukan pekerjaan bangunan bersumber dana desa segera dapat dilaksanakan.”kegiatan pembangunan sarana jangan lari dari oerencanaan RAB yang telah diterapkan dari hasil Musdes,”tandas Parman. (Saeger Casidy)

Komentar

News Feed