oleh

Tim Supervisi PKK Provinsi Sumut Kunjungi Sergai

-Daerah-326 views


Tim Supervisi PKK Provinsi Sumut Kunjungi Sergai

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan menerima kehadiran Tim Supervisi PKK Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan itu dalam Rangka Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Hatinya PKK dan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024, bertempat di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (27/2/2024).

Tim Supervisi ini dipimpin oleh Sekretaris III TP-PKK Provinsi Sumut M. Nirman Subkhan Nasution bersama rombongan Pokja PKK Provinsi Sumut dan perwakilan dari Dinas Pertanian dan Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sergai menyampaikan, PKK adalah organisasi wanita yang memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.

“PKK juga memiliki peran yang penting dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia dan sejahtera khususnya mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga,” ujar Rosmaida Saragih.

Ia menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan bagian dari pembinaan yang dilaksanakan sebagai bentuk pelaksanaan program kerja PKK guna mewujudkan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membantu kelancaran program pemerintah terutama peningkatan kesejahteraan keluarga, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan demikian, lanjutnya, melalui pembinaan ini akan dilakukan pembenahan sehingga pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat sekitarnya.

“Kami juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap jajaran tim penggerak PKK dari kabupaten hingga desa, yang telah berupaya menerapkan 10 progam pokok PKK di setiap lini kehidupan. Semoga kegiatan supervisi hari ini bisa berjalan dengan lancar, dan membawa kebaikan bagi pengembangan PKK di Kabupaten Sergai,” tambahnya.

“Sebelum mengakhiri kata sambutan ini, kami berharap kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu upaya pembelajaran bagi seluruh kader sehingga PKK desa dapat berfungsi dengan baik dan saling terkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka mendukung pencapaian visi Kabupaten Sergai, yaitu mewujudkan Sergai yang Maju Terus: “Mandiri, Sejahtera, dan Religius”,” tandasnya.

Sebelumnya, Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumut Ny. Dessy Hassanudin melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan tim supervisi bahwa pertemuan ini merupakan bagian dari metode rentan kendali PKK yang harus kita laksanakan sebagai bentuk pelaksanaan program kerja PKK demi menghadirkan gerakan PKK ditengah–tengah keluarga serta segenap lapisan masyarakat guna mewujudkan peran PKK sebagai pendukung program Pemerintah dalam bidang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK.

“Banyak hal yang berubah dan harus disikapi sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini. Untuk itu, TP-PKK dituntut menggali kreativitas dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru, terutama yang berbasis teknologi. Oleh sebab itu, SDM PKK harus mampu menguasai teknologi” ujarnya.

Output dari kegiatan ini adalah menghasilkan pelaksanaan Rentang Kendali PKK secara sistematis dan berkelanjutan ke setiap jenjang dan mendapatkan gambaran terkait Potensi dan masalah dari Implementasi Hasil Rakernas IX yang berasal dari PKK Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan untuk ditindaklanjuti ke tahap Monitoring PKK selanjutnya.(MN.01)***

Baca Juga :
Konsumsi Sabu, Gadis Dibawah Umur Bersama 2 Pria Ditangkap Polisi

News Feed