oleh

Tingkatkan Pelayanan Adminduk Melalui Inovasi, Disdukcapil Tapteng Jalin Kerjasama dengan Berbagai Pihak

-Daerah-8,528 views

TAPTENG.Mitanews.co.id | Dalam rangka peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan kerjasama dengan berbagai pihak serta melakukan berbagai terobosan dan inovasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Tapteng Sofia Juliasty Hutagalung, SE, MM didampingi Muliana Simatupang, SE selaku Sekretaris Disdukcapil Tapteng, Akhiruddin Siregar, SE selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Christon Nainggolan, SP selaku Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Anastasia Fedora, ST selaku Kabid Informasi Administrasi Kependudukan, dan Junita Yanti Tambunan, SE, MM selaku Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, saat ditemui mitanews.co.id diruang kerjanya pada Selasa (21/3/2023) pagi di Pandan.

"Kita berharap, dengan adanya terobosan dan inovasi yang kita lakukan, serta jalinan kerjasama dengan berbagai pihak, semoga dapat meningkatkan pelayanan dan penerbitan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah," ungkap Kadis Dukcapil Tapteng Sofia Juliasty Hutagalung, SE, MM.

Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Disdukcapil Tapteng dengan pihak-pihak terkait yakni :

1. Melakukan kerjasama dengan Lapas Kelas II Sibolga dan Barus dalam rangka pendataan dan pemutakhiran data Tahanan Narapidana terutama bagi warga binaan yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta melakukan perekaman biometrik bagi warga binaan.

2. Melakukan kerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam rangka pengiriman dokumen Administrasi kependudukan di seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah bagi warga masyarakat melalui sistem COD.

3. Melakukan kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan (Faskes) diantaranya RSUD Pandan, Puskesmas dan klinik, yakni Klinik Keluarga di Simpang Tukka, Klinik Kasih Ibu di AMD, Klinik Ananda di Kolang dan Klinik Murni di Sibuluan Tugu Ikan, dalam rangka peningkatan pelayanan pencatatan sipil dan penerbitan Adminduk bagi bayi yang baru lahir di klinik tersebut berupa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga melalui Layanan Klinik Online "CAPIL ON CALL".

4. Melakukan kerjasama dengan para pelaku usaha diantaranya PIA Hotel Pandan dan James Cafe Sibuluan dengan cara memberikan diskon 10% makan dan minum dilokasi kolam renang kedua lokasi tersebut, cukup dengan memperlihatkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan oleh Disdukcapil Tapanuli Tengah.

Selain menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, Dinas Dukcapil Tapteng juga telah melakukan inovasi dan terobosan guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dalam rangka peningkatan pelayanan pendataan, pemutakhiran data, pencatatan sipil, perekaman biometrik serta penerbitan dokumen administrasi kependudukan dan lainnya, diantaranya:

1. LAYANAN siDusanak (Sistem Informasi Dokumen Pengurusan Online Administrasi Kependudukan) melalui aplikasi web: (https://disdukcapiltapteng.online/login) atau melalui Aplikasi Playstore siDusanak Smartphone Android.

2. JEMPOL SIPENGANTIN DITEMPAT IBADAH (Jemput Bola Siap Pengurusan Akta Perkawinan Terintegrasi di Tempat Ibadah).

3. LAYANAN PENITI DI TAPTENG (Penerbitan NIK Sebagai Identitas Diri).

4. SINI KU KLIK (Sinkronisasi NIK Untuk Pelayanan Publik).

5. LAYANAN BACK TO SCHOOL (Perekaman KTP-el, KIA dan Akta Kelahiran.

6. PELAYANAN SIX DAY ONE WEEK (Kerja Selama 6 Hari Dalam Seminggu).

7. JEMPOL PAK KADES KU DI TAPTENG (Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan Kecamatan Desa Kelurahan di Tapanuli Tengah).

8. LAPORKAN DEK (Layanan Pelaporan Kematian Desa Kelurahan).(MN.16)

Baca Juga :
Besok BMKG akan Amati Hilal di Pantai Sindeas Tapanuli Tengah Untuk Penentuan Awal Ramadhan

News Feed