oleh

300 Siswa SMA di Sergai Ikuti Jumbara PMR

-Daerah, Pendidikan-1,119 views

SERGAI.Mitanews.co.id ||


Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam acara Pembukaan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Sergai Tahun 2023. Upacara berlangsung di Halaman Replika Istana Sultan Serdang, Perbaungan, Sabtu (30/9/2023).

Sambutan Bupati Sergai dibacakan oleh Sekdakab, menyampaikan jika secara universal tugas Palang Merah adalah “to improve the situation of the world's most vulnerable people”.

“Artinya, lahan pengabdian Palang Merah selain menyediakan bantuan kemanusiaan pada saat bencana, juga memberdayakan vulnerable people atau orang-orang yang rentan,” sebut Faisal.

Ia melanjutkan, organisasi modern Palang Merah secara tipikal menyandang misi emergency response, pengoperasian kampung pengungsian, bank darah, bantuan kesehatan, bantuan kesejahteraan, penyebaran informasi tentang HAM, pencarian dan dalam rangka evaluasi pembinaan dan aktivitas PMR di sekolah se-Sergai serta untuk mengasah pengalaman juga menguatkan mental remaja dalam menghadapi masalah dan tantangan saat ini.

“Saya berharap Jumbara PMR ini dapat menjadi ajang pembinaan dan pengembangan sukarelawan. Selain itu, menjadi pertemuan antar anggota PMR untuk saling berbagi ilmu, evaluasi, dan membangun relasi. Sehingga ke depan dapat merancang peran sukarelawan untuk mendukung program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI khususnya di Kabupaten Sergai,” terangnya.

Selain itu dirinya berharap kepada PMR tingkat Wira yang memenuhi persyaratan dapat menjadi donor darah sukarela pemula, sehingga bisa membantu ikut melestarikan donor darah sukarela.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena memang anak muda harus dikader sejak dini untuk peka dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi untuk menolong sesama. Terutama dalam kondisi kedaruratan,” sebutnya mengakhiri.

Jumbara PMR ini merupakan kali pertama diadakan di Sergai dan berlangsung mulai tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2023. Kegiatan Jumbara PMR ini diikuti 300 perseta dari sejumlah SMA yang ada di Sergai.

Turut menghadiri acara ini Ketua PMI Sergai Hj. Yanti Handayani Siregar, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, dan mewakili PMI Provinsi Sumatera Utara.(MN.44)

Baca Juga :
Asren Nasution : Warga Ikanas Wajib Berkontribusi Positif di mana pun Berada

News Feed