oleh

Asren Nasution : Warga Ikanas Wajib Berkontribusi Positif di mana pun Berada

-Daerah-871 views

MEDAN.Mitanews.co.id ||


Ketua DPD Ikatan Keluarga Nasution (Ikanas) Propinsi Sumatera Utara Dr H Asren Nasution MA mengingatkan seluruh keluarga besar organisasi ini harus memberikan kontribusi positif di mana pun berada.

“Semuanya harus menjadi agen kontibusi positip bagi masyarakat di daerah mana pun berada, terutama yang di perantauan harus membaur di tempatnya masing-masing,” ujarnya pada Pelantikan DPC Ikanas Kabupaten Batubara di Indrapura, Sabtu (30/8).

Kontribusi positif tersebut lanjutnya mencakup seluruh kehidupan kemasyarakatan sesuai bidang masing-masing, baik yang di pemerintahan, pembangunan mau pun sosial ekonomi kemasyarakatan.

Dengan begitu lanjutnya keberadaan Ikanas dohot anak boruna akan benar-benar dirasakan masyarakat di seluruh daerah yang ada di Indonesia, termasuk di Kabupaten Batubara.

“Semua kontribusi bermuara pada upaya merekatkan kerukunan antar seluruh etnis, adat dan budaya yang ada. Artinya Ikanas wajib berkontibusi wujudkan persatuan dan kesatuan serta mendorong mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Asren yang kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumut.

Keluarga besar Ikanas kata Asren sejak dulu sudah ditempa memiliki wawasan utuh tentang kebhinnekaan bangsa yang merupakan khasanah kekayaan budaya bangsa.

Bagi keluarga besar Ikanas tegasnya persatuan dan kesatuan antar etnis sudah final yang tidak bisa dikutak-katik lagi. Bagi Ikanas persaudaraan antar suku, agama, ras dan antar golongan harus diperkokoh setiap saat.

Itulah sebabnya organisasi Ikanas fokus dalam pemberdayaan budaya dan kegiatan sosial ekonomi kemasyarakatan, termasuk mengangkat budaya dan kearifan lokal. Ikanas tidak diarahkan untuk kegiatan politik praktis.

Kepada segenap warga Ikanas khususnya pengurus DPC Kabupaten Batubara yang baru dilantik Asren kembali mengingatkan tujuan lerkumpulan ini adalah terbinanya persatuan dan kesatuan anggota dalam usaha menyumbangkan dharma baktinya kepada lerkumpulan, masyarakat, bangsa dan negara.

“Mari kita fokus memenuhi ‘nawaitu’ organisasi dengan hati bersih jujur dan ikhlas,” ujar mantan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB dan Kepala Dinas Kominfo Pemprov Sumut ini.

Asren juga memaparkan 6 langkah strategis mencapai tujuan organisasi Ikanas yaitu menyelenggarakan silaturahmi, meningkatkan kesejahteraan anggota, menumbuhkembangkan seni budaya Mandailing, melestarikan Adat Istiadat Mandailing, menyelenggarakan media informasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.(MN.01)

Baca Juga :
Buka Acara PESPARANI Tapteng 2023, Pj Bupati Ajak Umat Katolik dan Gereja Perangi Stunting

News Feed