oleh

Antisipasi Banjir Semakin Besar, Aek Jorbing Butuh Normasilasi

-Peristiwa-1,059 views


Antisipasi Banjir Semakin Besar, Aek Jorbing Butuh Normasilasi

PALAS.Mitanews.co.id ||


Normalisasi sungai (aek) Jorbing desa Matondang - Pasar Ipuh Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, harus segera dilakukan guna meminimalkan potensi banjir saat musim hujan.

Pengerukan sungai diperlukan untuk menampung atau mengarahkan debit air yang besar dari hulu sungai. Selain itu pembuatan bronjong atau dek penahan juga harus dilakukan agar ketika air sungai meluap tidak sampai membanjiri kebun atau rumah warga.

Kepala Desa Matondang, Ahmad Sahwil Daulay saat ditemui Mitanews.co.id menyebutkan kekhawatirannya akan banjir yang lebih besar jika aek Jorbing tidak segera dinormalisasi.

" Aek Jorbing harus segera di keruk, dilebarkan dan dibuatkan dek penahan agar ketika debit aek Jorbing naik tidak sampai ke perumahan warga maupun melebar ke kebun masyarakat," sebut Ahmad.

Ahmad mengatakan sungai yang dulunya cukup dalam itu mengalami pendangkalan sehingga butuh segera dinormalisasi oleh pemerintah.

" Pihak desa sudah menyampaikan kepada Kecamatan untuk seterusnya kepada Pemkab Palas dan pihak terkait untuk dilakukan normalisasi aek Jorbing," kata Ahmad.

Sebelumnya, pada Rabu 27 Desember 2023 dinihari, aek Jorbing meluap menyebabkan rumah dan jalan diterjang banjir.

Sejumlah warga tampak berusaha seadanya agar air tidak masuk kedalam rumah, beberapa pengendara sepeda motor yang melintas juga alami mogok saat nekat melintasi lokasi banjir.

Informasi dari Kepala Desa Matondang, setidaknya 30 rumah warga tergenang air dengan ketinggian air kurang lebih 50 cm.

Kebun masyarakat juga terdampak dari meluapnya aek Jorbing, kurang lebih delapan hektare lahan masyarakat terendam banjir dengan kerugian puluhan juta rupiah.(FH)***

Baca Juga :
Kajari Asahan Sampaikan Capaian Kinerja selama Tahun 2023

News Feed