oleh

Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu Serentak Tahun 2024 di Pandan

-Daerah-211 views


Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu Serentak Tahun 2024 di Pandan

TAPTENG.Mitanews.co.id ||


Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemungutan, Perhitungan, dan Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, di Lapangan Sepakbola Pandan, Kabuoaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, pada Minggu 11 Februari 2024.

Bertindak sebagai Pembina Apel, yakni ketua Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sinta Sari Dewi Napitupulu.

Ketua Bawaslu Tapteng, Sinta Sari Dewi Napitupulu menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemungutan, Perhitungan, dan Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024.

Tanggal 11 Februari 2024 - hingga tanggal 13 Februari 2024 adalah Masa Tenang. Maka dalam masa tenang ini, tidak ada lagi yang namanya kampanye, tidak adalagi yang namanya atribut kampanye terpasang dimana pun, termasuk di Posko Pemenangan sekalipun.

Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 3 Tahun 2024 sudah menyampaikan secara jelas bahwa Alat Peraga Kampanye, Alat Peraga Sosialisasi di Masa Tenang sampai Pemungutan Suara tidak diperkenankan.

Kita telah melaksanakan pembukaan penertiban alat kampanye. Bawaslu juga telah mengimbau tiga kali pada para Peserta Pemilu untuk menertibkan APK secara mandiri. Hari ini kita memastikan itu akan dicopot.

" Kita Bawaslu Tapteng yang ditunjuk untuk bekerja secara profesional, berintegritas, dan menegakkan Netralitas. Kita siap mengawal Pemilu, harus patuh terhadap perintah dan intruksi, jangan ada yang menyimpang dari peraturan perundang -undangan, serta jangan takut di intimidasi," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Tapteng, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH menyampaikan semangat kepada Ketua Bawaslu Tapanuli Tengah, Kita jangan takut dengan ancaman atau diintimidasi karena  Negara dan Pemerintah hadir untuk melindungi kita semua. Kita bekerja niat untuk ibadah.

Kami sebagai Pj Bupati berpesan, tanggal 14 Februari 2024 itu adalah pintu gerbang memilih Caleg, Capres dan Pemilukada  kita bersama, satu momentum yang harus kita jaga bersama untuk terwujud satu pemilu yang benar-benar berkualitas.

Kalau Pemilu yang berkualitas maka hasilnya juga berkualitas dan rakyat kita yang kemudian akan diuntungkan.

Teman-teman Bawaslu memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai Pengawas, namanya dimana-mana pengawas itu tidak boleh memihak, kalau Pengawas memihak pasti menjadi masalah, jangan takut dengan para pemain.

Peran Bawaslu penting, jadi kualitas pemilihan ini lancar atau tidak, salah satunya menjadi fungsi pengawasan untuk dapat menegakkannya.

" Kami Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan support apa yang dibutuhkan semampu kami. Forkopimda plus telah memberikan garansi full terkait pengamanan. Jadi tidak usah khawatir, kalau ada ancaman, intimidasi, maka siap untuk mengamankan, tinggal sekarang integritas teman-teman sekalian," ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Plh. Sekdakab Tapteng, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tapteng, Ketua KPU Tapteng, Wahid Pasaribu, Danramil 03-Pandan, Kapten Inf Syahrial.

Komisioner Bawaslu, mewakili Kapolres Tapteng, Ketua dan Anggota Panwascam se-Tapteng, Panwaslu Kelurahan Desa se- Tapteng, serta Pengawas TPS se-Dapil 1 (Kecamatan Pandan, Tukka, Sarudik).(MN.16)***

Baca Juga :
Bakhtiar dan Ketua DPRD Sibolga Gelar Syukuran HPN dan HUT PWI ke-78 Bersama Wartawan

News Feed