oleh

Bobby Zulkarnain Ajak Pemuda Remaja Masjid Jadi Motivator Kemandirian Ekonomi Masyarakat

-Daerah-1,066 views


Bobby Zulkarnain Ajak Pemuda Remaja Masjid Jadi Motivator Kemandirian Ekonomi Masyarakat

DELI SERDANG.Mitanews.co.id ||


Calon anggota DPRD Sumatera Utara dari Partai Gerindra, Bobby Octavianus Zulkarnain mengajak dan memotivasi pemuda remaja masjid untuk menjadi motivator kemandirian ekonomi masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan calon legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 3/Deli Serdang itu ketika bersilaturahmi sambil berdiskusi dengan perwakilan pengurus remaja masjid dari Perumnas Mandala, Selasa 28 November 2023 malam.

Adapun anak-anak muda yang berdiskusi ringan, santai namun berisi bersama Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumut itu berasal dari Ikatan Remaja Masjid Almuslimin (Ikram) Jalan Pipit 11 dan Keuarga Besar Remaja Masjid Almagfiroh (Karisma) Jalan Rajawali 2.

Dari sejumlah topik yang dibincangkan, mulai dari persoalan lingkungan sosial terutama kepemudaan hingga ekonomi, Bobby menerima aspirasi dari pengurus remaja masjid yang ingin mendapatkan bantuan pembinaan serta pendanaan untuk pengembangan organisasi.

"Intinya, kami ingin berbuat yang lebih baik, tapi terkendala terutama soal kemampuan pendanaan. Sementara kami sadari tidak bisa terus-menerus meminta bantuan orang tua, pengurus masjid atau masyarakat untuk menjalankan satu program," kata Ketua Ikram Dedek Prasetyo.

Ketua Karisma Rizfi Hamsyah Nasution menambahkan, pihaknya sadar, bahwa sebagian anggota atau pengurus remaja masjid ada yang jenuh hingga akhirnya undur diri karena kegiatan di organisasi hanya itu-itu saja.

"Sebenarnya banyak program yang ingin kami buat, tapi ya itu tadi, kendalanya pada faktor pendanaan sehingga keinginan kami itu terpaksa dipendam," ucap Rizfi.

Mereka pun mengaku, organisasi yang saat ini mereka pimpin belum ada mendapat pembinaan dari kelembagaan yang mewadahi pemuda remaja masjid.

Mendengar keluhan yang disampaikan, Bobby membesarkan tekad para anak muda tersebut, bahwa kendala-kendala sedemikian adalah bagian dari perjuangan untuk membangun organisasi.

"Kita maklumi, bahwa remaja masjid adalah organisasi non profit, hanya sebagai wadah untuk merangkul kawan-kawan yang suka atau mau belajar berorganisasi," kata Bobby.

Untuk itu, dia mengajak para pengurus untuk berbuat saja dulu, tanpa perlu melihat orang lain siapa dan bagaimana sikap kepada mereka.

"Justru tantangan dan hambatan itu jadi motivasi, biar akhirnya kelak orang melihat kita ini siapa dan apa prestasi kita," ujarnya.

Bobby pun mencontohkan dari pengalamannya pribadi sejak 2013 memimpin DPC Partai Gerindra Kota Medan, yang awalnya banyak orang pesimis akan kemampuannya.

Tapi dia menjawab tantangan itu, dari sebelumnya Partai Gerindra nol kursi di DPRD Medan, dalam dua kali Pemilu berikutnya dia bisa mencatatkan hasil signifikan meraih 6 lalu selanjutnya 10 kursi.

"Tentunya, untuk mengawalinya kalian harus belajar. Dari hasil belajar itu, kalian bisa terapkan misalnya untuk mrmbangun wirausaha berbasis masjid, karena sejatinya remaja masjid bukan sekadar wadah untuk berkegiatan keagamaan semata namun juga ekonomi," cetusnya.

Baru dari usaha yang dibangun itu,,diharapkan bisa menopang kegiatan-kegiatan organisasi.

"Saya punya harapan, remaja masjid bisa menjadi motivator kemandirian ekonomi masyarakat. Kalian dari kalangan gen z, sebemarnya punya potensi skill terutama dalam bidang teknologi informasi dan digital yang bisa mendukung kegiatan usaha terutama untuk promosi," ungkapnya.

Motivator kemandirian yang dimaksud Bobby, adalah sukses usaha pemuda remaja masjid tadi jadi contoh bagi rekan-rekan sebaya, masyarakat, bahkan bisa turut membantu memberi solusi bagi kesulitan ekonomi warga.

"Saya mengajak, ayo cita-cita ini kita wujudkan bersama. Saya siap untuk diajak berdiskusi lebih lanjut mengenai apa-apa yang bisa kita lakukan bersama untuk mencapai hasil nyata yang diharapkan," ucap Bobby.(MN.01)***

Baca Juga :
Nama Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta Dicatut Orang Tak Bertanggung Jawab

News Feed